Cara Mengatasi Status Bar iPhone yang Tiba-tiba Hilang

Banyak sekali pengguna iOS iPhone dan iPod touch yang mengeluhkan bahwa Status Bar tempat dimana icon jam, baterai, sinyal dan lain sebagianya, tiba-tiba Menghilang!


Tidak perlu khawatir, penyebab masalah ini biasanya disebabkan oleh Bug pada iOS, hal ini biasanya tidak jarang kita jumpai pada iPhone yang masih menggunkaan iOS 10, namun tidak menutup kemungkinan juga akan terjadi pada iPhone dengan versi iOS lebih baru.

Lalu bagaimana cara memperbaikinya? hilang nih min Status Barnya? hehe.. mudah sekali silahkan ikuti cara-cara berikut ini.

Cara Mudah Mengatasi Status Bar iPhone yang Menghilang

Cara #1 : Pertama silahkan kembali ke Homescreen kemudian bagi :

  • Pengguna iPhone dengan tombol Home seperti iPhone 8/plus, 7/plus, 6S/plus, 6/plus sampai iPhone SE Gen1/2, silahkan Tekan dan Tahan tombol Power / Samping hingga muncul menu untuk mematikan iPhone.
  • Bagi Pengguna iPhone dengan Notch seperti iPhone X, Xr, Xs 11, 11 Pro Max dan seterusnya, silahkan Tekan dan Tahan tombol Power / Samping bersamaan dengan tombol Volume Bawah / Atas hingga muncul menu untuk mematikan iPhone.

Jika sudah muncul menu untuk mematikan iPhone seperti gambar berikut ini


Jangan di matikan langsung tap Cancel atau Batalkan, jika sudah maka status bar pada iPhone kalian seharusnya sudah kembali normal.

Cara #2 : Cara kedua silahkan ikuti tutorial pertama di atas namun sebagai gantinya jangan tap tombol Batalkan namun langsung saja matikan iPhone kalian, jika sudah tunggu 15 detik kemudian nyalakan kembali (tekan dan tahan tombol power / samping) dan lihat hasilnya.

Status Bar Terus-menerus Tiba-tiba Kembali Menghilang?

Jika memang status bar pada iPhone kalian terus menerus kembali menghilang (random), saran admin silahkan update iPhone kalian ke iOS versi terbaru yang tersedia saat ini. Bagaimana caranya? silahkan siapkan koneksi internet Wi-Fi, kemudian masuk ke Pengaturan > Umum > Pembaruan Perangkat Lunak, jika pembaruan tersedia silahkan tap Download dan Install.


Baik itu saja cara-cara mengatasi dan memunculkan kembali Status Bar pada iPhone yang tiba-tiba menghilang, memang menyebalkan namun admin rasa bug ini sudah diperbaiki oleh Apple pada iOS versi terbaru saat ini.

Jika ada pertanyaan atau mungkin ada yang ingin disampaikan, silahkan tinggalkan pada kolom komentar di bawah, terima kasih.