Cara Mudah Mengubah File Word ke PDF di iPhone

Bagi kalian pengguna iOS / iPadOS iPhone, iPod touch dan iPad, pada postingan kali ini admin akan membagikan cara mengubah (convert atau menjadikan) file dokumen Microsoft Word (.docx) menjadi file dokumen PDF.


Caranya terbilang cukup mudah, namun disini kita memerlukan bantuan dari aplikasi pihak ketiga seperti WordtoPDF atau PDFConverters, kalau begitu langsung saja ikuti cara-caranya di bawah berikut.

Sebelumnya pastikan terlebih dahulu file Word yang ingin diubah ke PDF sudah tersimpan ke aplikasi File, jika belum misalkan file Word berada di Email silakan tap tombol Berbagi kemudian tap Simpan di File > Di iPhone Saya > Simpan.
Cara Mudah Mengubah File Word ke PDF di iPhone dan iPad

1. Pertama silakan download aplikasi WordtoPDF melalui link berikut : Alto PDF: convert Word to PDF 

(alternatif aplikasi lainnya seperti Convert DOC/DOCX to PDF atau silakan cari dengan kata kunci "Word to PDF Converter")

2. Kemudian buka aplikasi WordtoPDF lalu pilih My Device (jika file disimpan di Google Drive atau layanan lainnya kalian bisa pilih menu sesuai yang dibutuhkan)


3. Selanjutnya kalian akan diarahkan ke direktori aplikasi File, silakan cari dan pilih file Word yang ingin diconvert (lihat gambar ke 2 di atas)

4. Jika sudah secara otomatis aplikasi WordtoPDF akan mengubah file Word .docx tersebut menjadi file PDF.


Ingat saat proses pengubahan / converting, pastikan perangkat kalian sudah terhubung ke internet, sebab proses convert file ini dilakukan secara Online.

5. Apabila proses convert sudah selesai silakan tap tombol Download

Sekarang file hasil convert ke PDF tersebut akan disimpan ke direktori Di iPhone Saya > WordtoPDF pada aplikasi File.


Untuk mengecek apakah file tersebut benar-benar file PDF atau ingin membagikannya silakan tap dan tahan pada file tersebut kemudian pilih Info (untuk menampilkan detail file) atau Bagikan (untuk membagikan file PDF tersebut entah ke Email, WhatsApp dll.).


Bagaimana gampang kan? namun perlu diingat, setiap kali ingin mengubah file Word ke PDF menggunakan aplikasi tersebut, prosesnya membutuhkan koneksi internet, sebab cara kerja dari aplikasi WordtoPDF adalah dengan mengupload file Word yang ingin diubah ke PDF ke server si aplikasi, kemudian setelah jadi maka kalian bisa mendownload file Word yang sudah diubah menjadi file PDF tersebut.

Baca Juga : Cara Memindahkan File PDF dari iPhone ke PC, Laptop atau Mac

Untuk aplikasi alternatif lainnya kalian bisa menggunakan Convert DOC/DOCX to PDF atau mencari sendiri di App Store dengan kata kunci "Word to PDF Converter", ya kira-kira begitu.

Baik sekian infomrasi cara mudah mengubah file Microsoft Word .docx ke file PDF di iPhone, iPad dan iPod touch. Apabila ada informasi yang ingin ditanyakan atau sampaikan, silakan tinggalkan pada kolom komentar di bawah, terima kasih :)

Baca Juga : Cara Mudah Mengubah Foto ke PDF di iPhone atau iPad