Cara Mengatasi iPhone yang Masuk ke Safe Mode

Bagi pengguna iPhone, iPad atau iPod touch yang sudah di Jailbreak, kebanyakan pasti pernah mengalami masuk ke yang namanya Safe Mode. Ya, bukan tanpa alasan, sebab jika kalian masuk ke Safe Mode itu artinya ada salah satu tweak yang kalian install mengalami masalah atau bentrok dengan tweak lainnya, sehingga menyebabkan kerangka kerja aplikasi Cydia (MobileSubstrate) mengalami macet / stuck dan kalian akan di bawah ke dalam Safe Mode.


Nah setelah masuk ke Safe Mode yang pertama akan kalian lihat adalah iPhone dengan tampilan normal dan tidak ada tweak jailbreak yang berjalan, benar? lalu apa yang harus kalian lakukan? tentu saja memperbaiki tweak yang bentrok tersebut dengan menghapusnya, terutama tweak yang terakhir kalian install dan menyebabkan masuk ke Safe Mode. Caranya?

Cara Keluar dari Safe Mode

Pertama kalian bisa menyentuh terlebih dahulu menu Exit Safe Mode yang berada di bagian atas / status bar iPhone, jika sudah silahkan pilih Restart


Apabila belum berhasil dan masih masuk lagi ke Safe Mode coba ikuti cara berikut ini.

#1 : Saat dalam keadaan Safe Mode silahkan buka aplikasi Cydia

#2 : Kemudian masuk ke menu Installed kemudian pilih menu Recent

#3 : Selanjutnya silahkan pilih tweak yang terakhir kalian install atau yang kalian anggap bermasalah (ingat jangan pernah menghapus tweak yang tidak pernah kalian install sebelumnya atau merupakan tweak bawaan jailbreak!!!)


#4 : Jika sudah tap Remove atau Modify > Remove lalu Confirm

#5 : Terakhir tap Restart Springboard dan seharusnya kalian sudah tidak akan masuk ke Safe Mode lagi

#6 : Namun jika masalah masih datang, coba hapus lagi tweak lainnya yang terakhir kali kalian install kemudian coba kembali

Pastikan juga kalian tidak menghapus tweak-tweak bawaan aplikasi Cydia sebab tweak tersebut berguna untuk menopang kerangka kerja jailbreak, selain itu berhati-hati juga dalam menghapus file-file sistem saat bernavigasi menggunakan aplikasi File Manager seperti iFile atau Filza File Manager.

Ya, intinya Safe Mode itu berperan sebagai tempat dimana semua tweak yang kalian install tidak akan berjalan alias di nonaktifkan, pada Safe Mode juga itulah tempat kalian untuk menghapus berbagai macam tweak yang mengalami bentrok atau crash tersebut.

Untuk menghindari kejadian serupa terulang lagi, pastikan untuk membaca deskripsi tweak tersebut apakah kompatibel dengan iOS yang kalian gunakan atau tidak, selain itu hindari sembarangan menginstall tweak dari Repo yang tidak jelas asal-usulnya.