Cara Memperkecil Ukuran Video di iPhone / iPad Hingga Berlipat-lipat Lebih Kecil

Perkembangan teknologi pada kamera yang semakin canggih setiap tahunnya membuat ukuran foto maupun video yang dihasilkan juga ikut meningkat, tidak heran memang mengingat untuk saat ini saja resolusi video 4K sudah menjadi hal yang lumrah di Smartphone, bahkan kita sekarang sudah memasuki resolusi foto dan video yang mencapai hingga 8K.


Nah bagi pengguna iPhone, iPad maupun iPod touch yang memiliki video dengan ukuran yang sangat besar, bahkan hingga bergiga-giga entah karena resolusi yang besar atau durasi yang panjang, pada postingan kali ini admin akan membagikan cara untuk memperkecil ukurannya hingga berkali-kali lipat jauh lebih kecil tanpa mengorbankan terlalu banyak kualitas (bisa dipilih nanti).


Memperkecil ukuran video ini sangat cocok buat kalian yang ingin mengirimnya melalui WhatsApp, Email atau Layanan Cloud agar tidak memakan banyak waktu, ruang penyimpanan dan lebih mudah untuk di akses. Baik kalau begitu langsung saja ikuti cara-caranya berikut ini.

Cara Memperkecil Ukuran Video di iPhone / iPad Hingga Berlipat-lipat Jauh Lebih Kecil

Sebelumnya disini kita akan menggunakan bantuan dari aplikasi pihak ketiga, yaitu aplikasi yang berfungsi sebagai Video Compressor atau memperkecil ukuran video. Salah satu aplikasi yang akan admin pakai adalah Video Compressor - Reduce size.

#1 : Untuk yang pertama silahkan download terlebih dahulu aplikasi Video Compressor - Reduce size via App Store (gratis kok)

#2 : Jika sudah silahkan buka aplikasi Video Compressor tersebut kemudian pilih video yang akan kalian kecilkan ukurannya


#3 : Setelah itu silahkan pilih ingin mengecilkan ukurannya hingga berapa persen lebih kecil, semakin kecil ukurannya semakin rendah kualitas video yang akan dihasilkan, admin menyarankan untuk memilih Medium atau High, misalkan ukurannya masih terlalu besar kalian bisa memilih Low atau Custom (kualitas manual).

#4 : Jika sudah tunggu hingga proses Compress atau Pengecilannya selesai, kemudian kalian bisa melihat sendiri hasil ukuran setelah di compress, untuk menyimpannya silahkan tap icon simpan (gambar ke 2 di bawah) lalu pilih Save to Library


#5 : Terakhir silahkan cek galeri foto kalian dan silahkan putar videonya untuk melihat apakah kualitasnya setelah di kecilkan sesuai dan cocok? jika sudah kalian bisa melanjutkan untuk mengirim atau gunakan video tersebut sesuai dengan keinginan masing-masing.

Bagaimana gampang kan? untuk alternatif aplikasi lainnya kalian hanya perlu memasukkan kata kunci di App Store misalnya " Video Compress atau Video Compressor " maka akan muncul banyak aplikasi mulai dari yang gratis hingga berbayar yang dapat kalian gunakan untuk memperkecil ukuran video, begitu juga dengan foto, tinggal ubah kata kunci dari Video ke Photo :)


Baik sekian dulu informasi cara memperkecil ukuran video di iPhone dan iPad hingga berlipat-lipat jauh lebih kecil, apabila ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan, silahkan tinggalkan pada kolom komentar di bawah, terima kasih.