Cara Melihat Detail Informasi Foto & Video di iPhone dengan EXIF Metadata

Setiap foto dan video yang diambil menggunakan kamera dari perangkat apapun itu entah Smartphone (iOS iPhone, Android), Kamera Digital dll. biasanya dilengkapi dengan informasi-informasi teknis soal foto atau video tersebut, mulai dari informasi Perangkat yang digunakan, Waktu, Lokasi, Aperture (bukaan), Aspect Ratio, Brightness, Model Lensa, Exposure, Flash, Resolusi dan masih banyak lagi informasi detail teknis lainnya.


Data informasi mengenai detail pada gambar foto atau video yang diambil biasa disebut sebagai EXIF Metadata. File Metadata ini biasanya sudah dipaketkan bersama dengan foto atau video, namun dalam beberapa kasus tertentu informasi Metadata pada Foto maupun Video sengaja dihilangkan untuk menghapus jejak dari foto dan video tersebut, atau dalam banyak kasus ketika kalian mengupload foto atau video ke platform media sosial atau mengirim gambar melalui aplikasi Chat seperti WhatsApp biasanya file Metadata tidak ikut terkirim.

Nah bagi pengguna iPhone, iPad maupun iPod touch, pada postingan kali ini admin akan membagikan cara melihat informasi detail pada foto atau video melalui file Metadatanya. Disini tentu saja kita akan menggunakan bantuan dari aplikasi pihak ketiga seperti aplikasi Exif Metadata yang bisa kalian dapatkan secara gratis melalui App Store, baik kalau begitu langsung saja ikuti cara-caranya berikut ini.

Cara Melihat Detail Informasi Foto & Video di iPhone (EXIF Metadata)

Cara ini membutuhkan iOS 15 atau lebih baru dan informasi yang ditampilkan pun tidak selengkap cara kedua.

1. Buka aplikasi Foto bawaan iPhone lalu buka Foto yang diinginkan

2. Kemudian tap pada icon (i) atau usap foto ke arah atas

3. Jika sudah kalian akan menemukan informasi metadata foto

Melalui Aplikasi Pihak Ketiga

1. Pertama download terlebih dahulu aplikasi Exif Metadata (untuk alternatif lainnya seperti aplikasi Metadata View atau cari aplikasi untuk melihat metadata / metadata viewer)

2. Jika sudah buka aplikasi Exif Metadata kemudian pilih icon tanda tambah lalu pilih foto yang ingin dilihat detailnya. (apabila muncul pesan You have selected HEIC images.. tap saja OK)


3. Jika sudah sekarang kalian sudah bisa melihat informasi detail tentang foto ataupun video tersebut, mulai dari Lokasi diambil (jika ada), Ukuran, Resolusi, Tanggal (ambil/edit), Zoom, Model Kamera yang digunakan dan lain sebagainya.


4. Dengan menggunakan aplikasi Exif Metadata tersebut kalian juga bisa mengedit sebagian informasi (metadata) pada foto atau video, caranya? seret ke paling bawah kemudian cari menu Edit Exif.


Selain itu juga terdapat menu untuk menyalin seluruh informasi metadata (Copy All Metadata) hingga menghapus informasi metadata (Remove All Metadata).

Bagaimana Jika Informasi Foto atau Video (metadata) Tidak Ada?

Apabila kalian tidak mendapatkan informasi pada foto atau video, hal itu menandakan foto atau video tersebut tidak disertai dengan metadata.

Seperti yang sudah admin jelaskan diawal, biasanya foto atau video yang dikirim melalui aplikasi Chat seperti WhatsApp, Facebook Messenger dll. akan mengubah file foto atau video (convert) tersebut sebelum dikirim, maka dari itulah informasi detail tentang foto atau video tersebut (metadata) tidak ikut dikirim, hal ini juga berlaku bagi sebagian layanan sosial media.

Jika kalian memang membutuhkan detail tentang foto atau video tersebut, silakan gunakan foto atau video asli yang belum melalui proses perubahan, karena setiap kalian mengirim foto melalui aplikasi chat atau menguploadnya ke sosial media, foto atau video tersebut sebenarnya sudah diubah terlebih dahulu sebelum terupload.

Baca Juga : Cara Menghapus / Menghilangkan Lokasi di Foto & Video iPhone

Oke sekian dulu informasi cara melihat detail informasi foto dan video di iPhone, iPad dan iPod touch melalui file Metadata. Apabila ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan, silakan tinggalkan pada kolom komentar di bawah, terima kasih.