Cara Menghapus / Menghilangkan Lokasi di Foto & Video iPhone

Secara bawaan ketika kalian mengizinkan aplikasi Kamera untuk menggunakan layanan lokasi, maka setiap foto dan video yang diambil akan disertai juga dengan informasi lokasi dimana foto dan video tersebut diambil. Dengan catatan bahwa saat mengambil foto maupun video layanan lokasi dan koneksi internet dalam keadaan menyala.


Hasilnya, ketika kalian menyeret file foto atau video yang diambil tersebut ke arah atas, maka akan muncul informasi lokasi pada map yang menunjukkan dimana foto tersebut diambil.


Informasi lokasi tersebut akan menetap di foto dan video tersebut melalui informasi Metadata.

Sebagai tambahan Metadata merupakan data informasi yang ada pada setiap foto maupun video, yang mendeskripsikan informasi dimana foto atau video tersebut diambil, kapan, dengan perangkat apa, pengaturan kamera yang digunakan dan lain sebagainya.

Nah bagi yang ingin menghilangkan atau menghapus informasi lokasi pada foto dan video yang diambil melalui iPhone, iPad ataupun iPod touch dan melindungi privasi kalian, cara terbaik adalah dengan mengedit dan menghapus informasi lokasi pada metadata dalam foto dan video tersebut.

Untuk menghapus informasi lokasi (metadata) pada foto dan video, disini kita membutuhkan bantuan dari aplikasi pihak ketiga dan salah satunya yang admin rekomendasikan adalah aplikasi Exif Metadata.

Baik kalau begitu tanpa banyak basa-basi langsung saja ikuti cara berikut untuk menghapus informasi lokasi pada foto dan video yang diambil melalui iPhone, iPod touch dan iPad.

Cara Menghapus / Menghilangkan Lokasi di Foto & Video iPhone (Tidak Permanen)

1. Usap Foto atau Video ke arah atas.

2. Lalu, pada area lokasi silakan tap menu "Sesuaikan".


3. Jika sudah, pilih menu "Tidak ada Lokasi".


Seketika lokasi pada foto atau video tersebut akan hilang.

Namun ingat, dengan cara ini lokasi dapat dilihat atau dikembalikan dengan mudah melalui menu "Sesuaikan" tadi, tepatnya dengan tap menu "Kembalikan" yang ada di pojok kanan atas layar.

Untuk menghapusnya secara permanen, kalian perlu mengedit metadata pada foto atau video tersebut melalui cara-cara di bawah berikut.

Cara Menghapus / Menghilangkan Lokasi di Foto & Video iPhone

1. Pertama silahkan download terlebih dahulu aplikasi Exif Metadata (alternatif lainnya silahkan cari aplikasi serupa yang berfungsi untuk mengedit metadata)

2. Jika sudah buka aplikasi Exif Metadata kemudian tap pada icon tanda tambah untuk memilih foto. Apabila muncul peringatan You have selected HEIC images... tap saja OK


3. Jika sudah memilih foto yang diinginkan sekarang seret layar ke bawah sedikit lalu pilih menu Remove Location


4. Jika sudah akan muncul peringatan apakah akan menghapus foto yang asli dan menggantinya dengan yang baru atau ingin menduplikatkannya. Pilih No untuk menghapus yang asli atau Yes untuk mempertahankan foto yang asli.


Terakhir silahkan cek foto atau video yang sudah disingkirkan lokasinya dan lihat hasilnya.

Bagi yang ingin menonaktifkan atau menghilangkan informasi lokasi saat mengambil foto atau video berikutnya, silahkan nonaktifkan izin lokasi untuk aplikasi Kamera, caranya buka aplikasi Pengaturan > Privasi > Layanan Lokasi > Kamera > Jangan Pernah.

Ya, disini intinya yang kalian butuhkan adalah aplikasi pihak ketiga yang dapat mengedit informasi metadata pada foto dan video, sehingga kalian bisa mengatur dan menghapus informasi apa saja yang diinginkan. Saya yakin prosesnya dapat dengan mudah kalian lakukan setidaknya hampir-hampir sama seperti cara yang saya berikan diatas.

Selain itu dengan menggunakan aplikasi metadata tersebut kalian juga bisa melihat segala macam detail dari foto tersebut, entah ratio, kecerahan, perangkat yang digunakan, ukuran lensa dan lain sebagainya.

Baca Juga : Cara Melihat Lokasi Foto & Video yang Diambil di iPhone

Baik sekian informasi cara menghapus / menghilangkan informasi lokasi pada foto & video di iPhone, iPad dan iPod touch. Apabila ada informasi yang ingin ditanyakan atau sampaikan, silahkan tinggalkan pada kolom komentar di bawah, terima kasih.