Cara Melihat Lokasi Foto & Video yang Diambil di iPhone

Ketika sedang bepergian tentu saja supaya tidak melewatkan momen-momen penting mengambil foto adalah sebuah hal yang wajib dilakukan, namun terkadang sangking banyaknya foto dan video yang diambil, kita seringkali lupa dimana letak lokasi yang ada didalam foto (gambar) atau video tersebut.


Tetapi tidak perlu khawatir, bagi kalian yang lupa dimana lokasi foto atau video tersebut diambil, salah satu fitur bawaan iOS iPhone, iPod touch dan iPadOS iPad secara otomatis akan mengambil dan menyimpan informasi lokasi pada masing-masing foto atau video yang diambil. Nah dengan begini kalian bisa dengan mudah mengetahui dimana lokasi foto dan video di iPhone tersebut diambil, bagaimana caranya? mudah sekali langsung saja ikuti caranya berikut ini.

Cara Melihat Lokasi pada Foto dan Video yang Diambil menggunakan iPhone, iPad dan iPod touch

#1 : Pertama silahkan buka aplikasi foto kemudian buka foto atau video yang kalian ingin ketahui lokasinya

#2 : Jika sudah silahkan seret foto atau video tersebut ke arah atas hingga muncul menu seperti pada gambar berikut


#3 : Nah pada menu Tempat itulah lokasi foto atau video tersebut diambil akan ditunjukkan

#4 : Untuk lokasi lebih detailnya silahkan tap pada Map tersebut

Untuk menampilkan foto-foto yang juga diambil dilokasi yang sama atau disekitaran lokasi tersebut, silahkan tap menu Tampilkan Foto Di Sekitar lalu tap lagi icon jumlah foto yang diambil pada lokasi yang sama, jika sudah maka aplikasi Foto akan menunjukkan foto atau video apa saja yang diambil dilokasi tersebut dan sekitarnya, contohnya bisa kalian lihat pada gambar berikut :


Bagaimana gampan kan? lalu bagaimana kalau tidak terdapat menu Tempat yang digunakan untuk menjukkan lokasi pada foto maupun video?

Apabila Tempat Lokasi Tidak Tampil!

Apabila setelah mengikuti cara diatas tepatnya menyeret foto atau video ke arah atas namun tampilan tempat lokasi tidak muncul, maka ada beberapa kemungkinan yang terjadi.

  • Saat foto / video diambil layanan lokasi dalam keadaan tidak aktif
  • Saat foto / video diambil iPhone tidak terhubung ke internet
  • Aplikasi Kamera tidak dapat izin menggunakan layanan lokasi

Untuk memastikan agar kedepannya iPhone, iPad ataupun iPod touch bisa menyimpan informasi lokasi pada foto dan video, silahkan nyalakan layanan lokasi beserta dengan izin penggunaan lokasi oleh aplikasi kamera. Berikut caranya :

  1. Silahkan buka aplikasi Pengaturan > Privasi > Layanan Lokasi kemudian pastikan menu Layanan Lokasi dalam keadaan aktif
  2. Kemudian masih dalam menu yang sama seperti diatas, pastikan pada menu Kamera sudah diubah menjadi Saat App Aktif
  3. Jangan lupa untuk tetap mengaktifkan internet agar iPhone dapat menentukan lokasi dimana foto atau video tersebut diambil


Bagi sebagian orang fitur ini sangat teramat penting dan rasanya wajib dinyalakan agar tidak kehilangan informasi lokasi saat momen foto atau video diambil, namun bagi yang ingin privasinya terjaga dengan rapat, kalian bisa menonaktifkannya melalui Pengaturan > Privasi > Layanan Lokasi > Kamera.

Baik itu saja informasi cara melihat lokasi foto dan video pada iPhone, iPad ataupun iPod touch diambil, apabila ada informasi seputar postingan ini yang ingin ditanyakan atau sampaikan silahkan tinggalkan pada kolom komentar di bawah, terima kasih.