Cara Mengaktifkan Voice Control pengganti Siri di Kala Offline

Untuk saat postingan ini ditulis salah satu Virtual Assistant bawaan milik Apple, Siri, tidak memiliki kemampuan untuk digunakan secara Offline melainkan harus Online alias terhubung ke koneksi Internet.


Namun tidak perlu khawatir, iOS iPhone, iPod touch dan iPadOS iPad masih menyediakan Virtual Assistant sederhana cadangan di kala Offline yaitu Voice Control atau Kontrol Suara Klasik. Apabila kalian merupakan pengguna lama iOS tentu kalian mengingat Voice Control yang akhirnya digantikan oleh Siri pada saat perilisan iOS 5 dan iPhone 4S pada tahun 2011 lalu.

Meskipun tidak sepintar Siri bahkan terlampau cukup jauuhhhh.. Voice Control masih dapat dimanfaatkan saat Offline untuk sekedar memutar musik, mengganti musik, memainkan album, melakukan panggilan, face time dan lain sebagainya. Ya hitung-hitung nostalgia apabila kalian pernah merasakan menggunakan Voice Control.

Lalu bagaimana cara mengakses dan mengaktfikan Voice Control sebagai virtual assistant cadangan di kala Offline? mudah sekali langsung saja ikuti caranya berikut ini.

Cara Mengaktifkan Voice Control / Kontrol Suara Klasik di iPhone, iPad dan iPod touch

#1 : Pertama silahkan buka aplikasi Pengaturan

#2 : Kemudian pilih menu Aksesibilitas lalu pilih lagi menu Tombol Samping khusus pengguna iPhone tanpa tombol Home (seperti iPhone 11) atau Tombol Utama khusus pengguna iPhone dengan tombol Home (seperti iPhone 7, 8, SE 2020)

#3 : Jika sudah pada menu TEKAN DAN TAHAN UNTUK BERBICARA silahkan pilih menu Kontrol Suara Klasik


#4 : Sekarang bagi pengguna iPhone tanpa tombol Home (seperti iPhone 11) silahkan tekan dan tahan tombol Samping untuk mengaktifkan Voice Control, sedangkan untuk iPhone dengan tombol Home (iPhone 7, 8, SE 2020) silahkan tekan dan tahan tombol HOME.

Jika sudah maka Voice Control hadir secara offline untuk memenuhi perintah kalian :)


Meskipun tidak sepintar siri kalian tetap dapat menggunakan perintah untuk memutar musik (play music), musik selanjutnya, acak musik dan lain-lain yang tentu saja dapat berjalan secara offline. Perlu dicatat juga bahwa Voice Control ini tidak memiliki kapabilitas untuk mengambil data melalui internet, jadi jangan menganggap Voice Control sepintar seperti Siri meskipun telah terhubung ke koneksi internet ya.

Selain itu kalian juga tidak bisa membangunkan Voice Control dengan panggilan suara seperti "hey, voice control", satu-satunya jalan untuk mengakses Voice Control adalah dengan menekan tombol Home atau Samping secara manual sama seperti kalian mengaktifkan Voice Control diawal tadi.

Nah bagaimana menurut kalian? apakah Voice Control masih dapat berfungsi dengan baik saat ini terutama ketika sedang dalam keadaan offline? berikan pendapat kalian pada kolom komentar di bawah ya, terima kasih.