Cara Mengetahui Foto & Video Diambil dari Kamera Apa Saja

Dalam dunia fotografi ketika kita mengambil sebuah gambar melalui kamera entah diambil menggunakan kamera Smartphone (iOS, Android) maupun Kamera Digital lainnya. Secara otomatis detail hasil foto ataupun video tersebut juga akan dicatat dalam bentuk file Metadata. Khusus untuk foto file metadata ini disebut sebagai EXIF.


File Metadata (EXIF) inilah yang berisikan kumpulan informasi detail dari Foto dan Video yang diambil. Misalnya saja informasi tanggal, lokasi, ukuran, resolusi, format, bukaan, menggunakan flash atau tidak hingga model kamera perangkat yang digunakan.

Jadi intinnya disini untuk mengetahui Foto atau Video tersebut diambil dari kamera hp, smartphone atau perangkat kamera digital apa. Kita harus mengakses file Metadata pada foto atau video tersebut. Bagaimana caranya? sangat mudah, langsung saja ikuti cara-caranya berikut ini.

Sebagai catatan tidak semua foto dan video dibekali dengan file Metadata (EXIF)

Cara Mengetahui Foto & Video Diambil dari Kamera apa saja melalui Android

Khusus untuk pengguna Android, disini kita membutuhkan bantuan dari aplikasi Pihak Ketiga agar dapat membaca informasi Metadata (EXIF) dari foto maupun video secara detail.

1. Download terlebih dahulu aplikasi File Viewer melalui Play Store (kalian bisa mencari aplikasi sejenis dengan kata kunci "Exif / Photo Metadata Viewer")

2. Jika sudah silakan buka aplikasi File Viewer lalu izinkan terlebih dahulu akses ke File apabila diminta

3. Selanjutnya tap menu Images / Videos atau kalian bisa mencari sendiri secara manual letak foto dan video yang diinginkan melalui menu Browse Device Storage

4. Jika sudah pilih foto atau video yang diinginkan, kemudian tap icon seperti yang ditunjukkan gambar berikut untuk melihat detail dari gambar atau video tersebut


5. Sekarang kalian bisa menemukan perangkat apakah yang digunakan untuk mengambil foto atau video tersebut pada menu Make atau Model


Cara Mengetahui Foto & Video Diambil dari Kamera apa saja melalui iOS iPhone dan iPadOS iPad

Sasma seperti cara Android di atas, di iOS iPhone, iPod touch dan iPadOS iPad, kalian membutuhkan aplikasi Pihak Ketiga untuk dapat melihat informasi detail (Metadata EXIF) pada foto maupun video yang diinginkan. Kalau begitu langsung saja ikuti caranya berikut ini.

1. Silakan download aplikasi Exif Metadata via App Store (kalian bisa mencari aplikasi sejenis dengan kata kunci "Exif / Photo Metadata Viewer")

2. Jika sudah buka aplikasi Exif Metadata kemudian tap Izinkan jika aplikasi meminta izin untuk mengakses Foto

3. Sekarang tap icon tanda tambah kemudian pilih foto atau video yang ingin dilihat detailnya, jika muncul peringatan seperti yang ditunjukkan gambar berikut tap saja OK


4. Jika sudah masuk ke Photo Details silakan seret ke bawah dan cari menu Camera Maker dan Camera Model untuk mengetahui foto atau video tersebut diambil dengan menggunakan kamera perangkat apa.

Cara Mengetahui Foto & Video Diambil dari Kamera apa saja melalui PC / Laptop Windows

Bagi pengguna Komputer Windows untuk melihat detail dari foto atau video tersebut diambil dari kamera apa caranya sangat teramat mudah.

1. Pertama Klik Kanan pada Foto atau Video yang diinginkan

2. Setelah itu pilih menu Properties lalu Details

Jika sudah silakan cek menu Camera Maker dan Camera Model untuk mengetahui dari mana foto ataupun video tersebut berasal beserta informasi detail lainnya.


Cara Mengetahui Foto & Video Diambil dari Kamera apa saja melalui macOS

Hampir sama mudahnya dengan pengguna Windows, untuk melihat informasi metadata EXIF pada foto dan video silakan ikuti caranya berikut ini.

1. Buka foto atau video yang diinginkan

2. Kemudian klik menu Tools > Show Inspector

3. Selanjutnya klik pada menu Exif 

4. 
Sekarang kalian macOS akan menampilkan detail dari foto atau video tersebut hingga perangkat apa yang digunakan

Bagaimana Jika Foto dan Video Tidak Menampilkan Informasi Apapun?

Apabila Foto dan Video tidak menampilkan informasi apapun, hal ini menandakan metadata (EXIF) pada foto maupun video tidak ditemukan atau tidak ada.

Kenapa bisa begitu? biasanya jika foto ataupun video tersebut kalian dapatkan dari Sosial Media atau dikirim melalui aplikasi Chat, maka informasi Metadata (EXIF) tidak akan ikut terkirim, sebab foto atau video yang di upload dan kirim ke sosial media secara otomatis akan di ubah terlebih dahulu sehingga menghilangkan metadata pada foto atau video tersebut.

Atau bisa juga si pemilik Foto dan Video sengaja menghapus file metadata dari foto atau video tersebut untuk menghilangkan jejak, dalam kata lain Privasi.

Baca Juga : Cara Menyimpan Status WhatsApp di Android (Foto & Video) Tanpa Aplikasi

Cara terbaik untuk mengirimkan foto maupun video agar tidak kehilangan informasi metadata EXIFnya adalah dengan di transfer langsung dengan kabel data, menggunakan layanan Cloud atau pengiriman wireless seperti AirDrop.

Baik sekian dulu informasi cara mengetahui atau melihat Foto atau Video diambil menggunakan kamera dari perangkat apa saja. Apabila ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan, silakan tinggalkan pada kolom komentar di bawah, terima kasih.