Cara Mengecilkan / Kompres Ukuran File PDF Di iPhone

PDF atau Portable Document Format merupakan sebuah file dokumen yang sering kita gunakan sehari-hari entah untuk pekerjaan, tugas sekolah, kuliah, dokumen pendaftaran dan lain sebagainya. Dalam beberapa kasus tertentu ukuran file PDF yang kita miliki berukuran terlalu besar atau tidak sesuai dengan ukuran maksimal yang diizinkan oleh suatu website.


Untuk mengakali masalah ukuran file PDF yang terlalu besar, kalian dapat mengurangi ukuran file PDF tersebut dengan cara dikompres (compress / reduce). Nah khusus pada postingan kali ini admin akan membagikan tutorial mengkompres file PDF menjadi lebih kecil di iPhone, iPad ataupun iPod touch kalian. Kalau begitu langsung saja ikuti caranya berikut ini.

Cara Mengecilkan / Kompres Ukuran File PDF Di iPhone

1. Buka file "PDF" di aplikasi "File" bawaan iPhone.

2. Jika sudah, silakan tap dan tahan pada file PDF yang akan dikecilkan ukurannya.


3. Lalu tap menu "Tindakan Cepat" lalu pilih "Optimalkan Ukuran FIle".


4. Seketika akan muncul file PDF baru dengan ukuran yang telah diperkecil.


5. Selesai, kalian bisa membagikan file PDF tersebut ke aplikasi lain yang kalian inginkan dengan cara tap dan tahan pada file PDF lalu tap menu "Berbagi".

Tutorial Video


Cara Mengecilkan / Kompres Ukuran File PDF Menggunakan Aplikasi

1. Pertama Download aplikasi PDF Compressor melalui App Store

2. Setelah itu silakan buka aplikasi PDF Compressor kemudian pilih menu Select PDF


3. Kemudian pilih file PDF yang sudah kalian simpan pada aplikasi File iPhone

(Ukuran Asli sebelum dicompress / perkecil sebesar 5.2 MB)

Apabila file PDF yang ingin dikompress berada pada email silakan pindahkan terlebih dahulu ke dalam aplikasi File, caranya tap dan tahan pada file PDF tersebut kemudian pilih Bagikan lalu pilih lagi Simpan ke File

4. Ingat cara compress ini akan sedikit mengurangi kualitas dari file PDF, semakin kecil kualitasnya semakin rendah ukurannya. (setidaknya yang penting bisa terbaca 👀)

Catatan:

  • Image Quality : Kualitas dari file PDF, semakin kecil kualitasnya semakin kecil juga ukurannya. Saran admin biarkan di 70% atau jika nanti hasilnya kurang kecil kalian bisa menurunkannya lagi kemudian ulangi proses convert.
  • DPI : Mengurangi ukuran titik penyusun gambar, semakin kecil semakin berkurang kualitas PDF namun ukuran juga akan semakin kecil. Saran admin dibiarkan saja dan jangan diubah.
  • Color Mode : Merubah warna PDF menjadi abu-abu?. Admin sendiri tidak tau fungsi pastinya, jadi dibiarkan saja.

5. Jika sudah siap sekarang tap menu Compress PDF


6. Tunggu hingga proses Convertnya selesai (pastikan layar iPhone kalian tidak mati)

*proses convert membutuhkan koneksi internet


7. Jika sudah sekarang cek pada menu Compressed dan lihat hasilnya, dari 5.2 MB berkurang menjadi hanya 2.12 MB


Bagaimana gampang kan? oh ya apabila aplikasi ini bermasalah atau gagal saat mengcompress file (disuruh membersihkan cache) silakan tutup aplikasi dari multitask kemudian buka kembali.

Aplikasi Compress PDF Lainnya

Aplikasi tersebut tidak selalu admin cek masih bekerja atau tidak (berharapnya selalu work) namun jika tidak kalian bisa mencoba beberapa aplikasi compress pdf lainnya di App Store, cukup dengan memasukkan kata kunci "PDF Compressor". Dan admin rasa tutorialnya tidak berbeda jauh juga dengan cara-cara diatas.

Baik sekian informasi cara mengecilkan atau compress file PDF melalui iPhone, iPad atau iPod touch. Apabila ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan, silakan tinggalkan pada kolom komentar di bawah, Terima Kasih!