Cara Mengatasi iPhone X, XR, XS dan 11 Yang Ngelag dan Panas

Bagi kalian pengguna iPhone X, iPhone XR, iPhone XS, iPhone XS Max, iPhone 11, iPhone 11 Pro dan iPhone 11 Pro Max yang mengalami masalah ngelag yang disertai dengan panas berlebih. Pada postingan kali ini admin akan membagikan beberapa cara yang dapat kalian lakukan untuk memperbaiki masalah lag tersebut.


Tidak dipungkiri, iPhone merupakan salah satu smartphone terbaik saat ini dengan iOSnya yang identik dengan performa, keamanan dan stabilitasnya yang sangat baik. Meskipun begitu ngelag tidak pandang bulu, beberapa pengguna iPhone khususnya iPhone X hingga iPhone 11 Pro Max pun tidak jarang yang mengalami ngelag saat mengoperasikan iPhonenya, dalam beberapa kasus tertentu lag tersebut disertai juga dengan iPhone yang lebih cepat panas.

Lalu apa saja penyebab masalah ngelag pada iPhone tersebut dan bagaimana cara untuk mengatasinya?

Tutup Semua Aplikasi Yang Terbuka

Selanjutnya kalian bisa menutup semua aplikasi yang terbuka pada background multitask iPhone, apabila sudah namun tidak membuahkan hasil, lanjutkan cara dibawah berikut.


Restart iPhone

Cara selanjutnya yang paling ampuh dalam mengatasi iPhone yang ngelag adalah dengan memulai ulang sistemnya, yaitu dengan cara restart. Sederhananya silahkan matikan iPhone kalian dengan cara menekan tombol Volume Bawah dan Power secara bersamaan kemudian seret menu yang tampil di layar untuk mematikan iPhone.

Gunakan Force Restart

Apabila iPhone 11 kalian menjadi tidak responsif dan tidak mau disentuh, cara yang dapat kalian lakukan utnuk mengatasinya adalah dengan Force Restart alias Restart Paksa. Cara ini berfungsi untuk merestart sistem iPhone secara paksa karena ( stuck, freeze atau ngehang ). Untuk melakukan force restart pada iPhone 11 yang ngelag dan tidak merespon apa-apa silahkan :

#1 : Tekan volume atas kemudian lepas
#2 : Kemudian volume bawah kemudian lepas
#3 : Terakhir tekan dan tahan terus tombol power hingga iPhone restart

Update Aplikasi Ke Versi Terbaru

Apabila kalian baru saja mengupdate versi iOS ke versi terbaru, coba update aplikasi yang ada pada iPhone kalian ke versi terbaru juga. Caranya silahkan buka App Store kemudian tap icon akun kalian yang berada di pojok kanan atas, setelah itu seret layar ( sembarang tempat ) ke arah bawah untuk melihat info pembaruan terbaru ), terakhir apabila tesedia silahkan update aplikasi yang ngelag atau bermasalah tersebut.


Hentikan Proses Backup iCloud

Dalam beberapa kasus tertentu iCloud yang sedang membackup data foto pada iPhone kalian terkendala sinyal yang buruk dan beberapa hal lainnya. Untuk mengatasi masalah ini kalian dapat menonaktifkan sementara backup iCloud melalui Pengaturan > Foto > Foto iCloud. Jika sudah silahkan restart iPhone kalian kemudian nyalakan kembali menu tersebut.

Reset Pengaturan iPhone

Selanjutnya, pertimbangkan untuk mereset ( mengatur ulang ) pengaturan pada iPhone kalian ke pengaturan awal ( pabrik ) tanpa harus menghapus data. Sebelum melanjutkan, ingat cara ini akan mereset ulang semua pengaturan yang pernah kalian buat pada aplikasi Pengaturan. Untuk mengatur ulang pengaturan pada iPhone silahkan masuk pada aplikasi Pengaturan > Umum > Atur Ulang > Atur Ulang Pengaturan, setelah itu coba cek kembali.



Update ke iOS Versi Terbaru

Terkadang ada saja bug pada iOS yang menyebabkan iPhone menjadi ngelag. Untuk mengatasi masalah ini kalian dapat mencoba melakukan update ke iOS versi terbaru yang tersedia saat ini. Caranya pertama silahkan siapkan koneksi internet wi-fi yang cukup kencang dan stabil, kemudian pastikan sisa baterai pada iPhone kalian minimal 50%. Jika sudah siap sekarang download dan install pembaruan iOS melalui aplikasi Pengaturan > Umum > Pembaruan Perangkat Lunak.


Apakah Hanya Aplikasi Tertentu Saja Yang Membuat iPhone Lag?

Sesuai judul, apabila jawabannya Ya, maka kemungkinan besar aplikasi tersebut memang sedang bermasalah dan belum di optimalkan dengan baik. Hal yang dapat kalian lakukan adalah dengan mengupdate aplikasi tersebut ke versi terbaru menggunakan cara urutan ke 4 diatas.

Apakah iPhone Ngelag Saat Di Cas Saja?

Bila iPhone yang ngelag diakibatkan saat ngecas saja, pastikan kalian menggunakan charger yang asli.

Reset iPhone Ke Pengaturan Pabrik dan Hapus Seluruh Data Pada iPhone

Selanjutnya pertimbangkan untuk mereset dan menghapus seluruh data pada iPhone dan mengembalikan iPhone kalian kosong seperti baru kembali. Apabila terdapat data-data penting silahkan di backup terlebih dahulu melalui iCloud atau iTunes di komputer. Jika sudah untuk merset seluruh data pada iPhone menjadi kosong seperti baru ada dua cara yang bisa kalian lakukan,\

> Reset Langsung di iPhone : Caranya silahkan buka aplikasi Pengaturan > Umum > Atur Ulang > Hapus Konten & Pengaturan. Kemudian ikuti instruksi yang diperintahkan layar selanjutnya.

> Menggunakan iTunes di Komputer : Caranya silahkan hubungkan iPhone kalian ke iTunes dengan kabel data, kemudian buka aplikasi iTunes di komputer lalu klik pada iPhone kalian dan yang terakhir klik menu Restore iPhone.. kemudian ikuti instruksi yang diperintahkan oleh iTunes selanjutnya.

Reset iPhone Melalui Metode Recovery

Bila cara-cara diatas tidak juga membuahkan hasil, coba reset iPhone kalian melalui metode Recovery pada iTunes. Caranya? silahkan baca pada postingan berikut : Cara Install Ulang iOS iPhone Menggunakan Mode Recovery

Cek Kesehatan Baterai iPhone

Terakhir apabila cara-cara diatas tidak ada yang membuahkan hasil, coba cek kesehatan baterai pada iPhone kalian. Apabila menunjukkan dibawah 70% bahkan 60%, ada baiknya untuk melakukan penggantian terhadap baterai tersebut. Sebab kesehatan baterai pada iPhone yang menurun, akan mempengaruhi performa yang mengakibatkan iPhone menjadi ngelag.


Baik sekian informasi cara mengatasi iPhone X, iPhone XR, iPhone XS, iPhone XS Max, iPhone 11, iPhone 11 Pro dan iPhone 11 Pro Max yang ngelag dan cepat panas. Akhir dari tulisan ini, apabila ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan, silahkan tinggalkan pada kolom komentar dibawah, Terima Kasih!