Cara Mengatasi Screenshot iPhone Tidak Tersimpan

Saat melakukan screenshot tidak ada hasil gambar screenshot yang tersimpan ke galeri foto iPhone kalian? tenang saja kalian tidak sendiri, ada banyak pengguna iPhone, iPad maupun iPod touch di luar sana yang mengalami hal serupa, yang mana sudah mengambil screenshot namun gambar screenshot tidak muncul di galeri foto.


Masalah hasil gambar screenshot yang tidak muncul pada galeri foto iPhone biasanya hanya disebabkan oleh bug pada iOS ataupun faktor sepele lainnya. Dan untuk memperbaiki masalah ini bukanlah hal yang sulit, baik kalau begitu langsung saja kalian dapat mengikuti cara-cara di bawah berikut untuk memperbaiki hasil screenshot pada iPhone yang tidak tersimpan.

Kunci iPhone Kemudian Buka Kembali

Apabila ada moment penting yang tidak bisa kalian lewatkan untuk di Screenshot, cara pertama yang dapat kalian lakukan adalah dengan mengunci iPhone ( langsung tekan tombol power / lock ) kemudian membukannya kembali. Apabila masih belum bisa juga lanjutkan cara dibawah.

Gunakan Assistive Touch

Selanjutnya kalian dapat mencoba melakukan screenshot melalui menu Assistive Touch. Pertama silahkan nyalakan assistive touch terlebih dahulu melalui aplikasi Pengaturan > Aksesibilitas > Sentuh > AssistiveTouch. Jika sudah silahkan kembali ke tampilan yang ingin di screenshot, kemudian buka menu assistive touch lalu pilih Perangkat > Lainnya > Jepretan Layar. Apabila berhasil, ingat cara ini merupakan cara sementara untuk memperbaikinya lebih lanjut silahkan gunakan cara dibawah ( restart ).


Restart iPhone ( di jamin sukses )

Cara paling ampuh selanjutnya yang dapat kalian lakukan adalah dengan merestart iPhone, sederhananya silahkan matikan iPhone kemudian setelah 30 detik kemudian nyalakan kembali. Setelah restart biasanya masalah pada hasil screenshot yang tidak tersimpan akan langsung teratasi. Namun apabila iPhone kalian tidak dapat merespon sentuhan, kalian dapat menggunakan metode restart paksa, caranya :

> iPhone 8, X, XS, 11 dan lebih baru : tekan volume atas kemudian lepas, kemudian volume bawah kemudian lepas, terakhir tekan dan tahan terus tombol power hingga iPhone restart

> iPhone 7 dan 7 Plus : tekan dan tahan tombol volume bawah dan tombol power secara bersamaan hingga iPhone restart

> iPhone SE, 6S dan lebih lama : tekan dan tahan tombol power dan home secara bersamaan hingga iPhone restart

Pastikan Sudah Menekan Tombol Yang Benar

Oh ya, pastikan juga kalian sudah menekan kombinasi tombol yang benar untuk mengambil Screenshot. Sebagai contoh :

*iPhone X, XR, XS, 11, 11 Pro atau lebih baru, silahkan tekan tombol Volume Atas atau Bawah + Power secara bersamaan.
*iPhone 8, 7, SE, 6S, 6, 5S atau lebih lama, silahkan tekan tombol Power + Home secara bersamaan.

Cek Ruang Penyimpanan

Pastikan ruang penyimpanan pada iPhone kalian tidak dalam keadaan benar-benar penuh, jika ya sangat disarankan untuk membackup data kalian kemudian menghapus data-data ( termasuk aplikasi ) yang sudah tidak lagi diperlukan. Untuk cek ruang penyimpanan tersisa silahkan masuk ke aplikasi Pengaturan > Umum > Penyimpanan iPhone.


Cek Fungsi Tombol

Cek juga apakah tombol pada iPhone kalian berfungsi dengan normal ( merespon ) atau tidak.

Pastikan Tombol Pada iPhone Tidak Tertekan / Tersangkut

Pastikan juga semua tombol pada iPhone tidak ada yang tertekan, entah tertekan oleh casing dan lain sebagainya. Pastikan juga tombol pada iPhone kalian tidak tersangkut ke dalam ( terpendam ).

Reset Pengaturan iPhone

Cara selanjutnya, kalian dapat mengatur ulang seluruh pengaturan pada iPhone tanpa harus menghapus data. Namun perlu diperhatikan cara ini akan mengatur ulang semua pengaturan pada aplikasi pengaturan iPhone, mencakup pengaturan jaringan, susunan icon di homescreen dan lain sebagainya. Untuk caranya silahkan masuk ke aplikasi Pengaturan > Umum > Atur Ulang > Atur Ulang Pengaturan.


Update ke iOS Terbaru

Terakhir apabila cara-cara diatas tidak juga membuahkan hasil, coba update versi iOS kalian ke versi terbaru yang tersedia saat ini. Sebelum itu siapkan koneksi wi-fi yang cukup kencang dan daya baterai minimal 50%. Jika sudah silahkan download dan install update terbaru yang tersedia melalui aplikasi Pengaturan > Umum > Pembaruan Perangkat Lunak.


Bagaimana apakah sudah berhasil? admin jamin seharusnya pasti sudah berhasil ya.. baik sekian postingan cara mengatasi gambar hasil screenshot pada iPhone, iPad dan iPod touch yang tidak tersimpan. Apabaila ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan, silahkan tinggalkan pada kolom komentar dibawah, Terima Kasih!