Jumlah Aplikasi Yang Dapat Di Install Dengan AltStore / Cydia Impactor

Menginstall aplikasi iPhone, iPad dan iPod touch berformat .IPA di luar App Store dapat kalian lakukan dengan memanfaatkan Sideloader aplikasi seperti Cydia Impactor, AltStore sampai Xcode. Tidak seperti menginstall APK di Android, metode menginstall aplikasi .IPA di iPhone memiliki jangka waktu dan limit aplikasi.


Durasi dan Jumlah Aplikasi yang Dapat Di Install Dengan AltStore / Cydia Impactor Menggunakan Akun Apple ID Gratis

Seperti yang kita ketahui aplikasi yang diinstall ke dalam iPhone menggunakan cydia impactor ataupun altstore, di batasi durasinyanya hingga 7 hari saja per aplikasi. Setelah melewati 7 hari aplikasi yang di install otomatis tidak dapat dibuka dan harus mengulangi proses installasi kembali. Ada juga jumlah batasan aplikasi yang diperbolehkan untuk di install dalam satu akun dan satu perangkat, yaitu hanya sebanyak 3 saja.

Menggunakan Akun Apple ID Berbayar / Developer

Berbeda apabila kalian menggunakan akun Apple ID Developer alias berbayar sebesar $99 / tahun. Kalian dapat menginstall aplikasi dengan durasi yang mencapai 1 tahun, sedangkan untuk jumlah aplikasi yang dapat di install tidak terbatas alias unlimited.

Solusi Menginstall Aplikasi Tanpa Batasan

Sebagai solusi menginstall aplikasi di iPhone kalian tanpa batasan, salah satunya adalah dengan melakukan jailbreak. Dengan jailbreak kalian dapat menginstall tweak bernama AppSync Unified yang berfungsi untuk mengizinkan iPhone secara paksa untuk menginstall aplikasi di luar App Store. Setelah AppSync Unified terinstall, kalian dapat menginstall file .IPA yang kalian inginkan tanpa batasan waktu ataupun limit jumlah aplikasi. Namun kekurangannya aplikasi hanya dapat berjalan saat iPhone dalam keadaan terjailbreak saja.

Solusi kedua adalah dengan memanfaatkan Store aplikasi pihak ketiga, seperti TweakBox, AppValley, iOS Ninja ataupun Ignition. Meskipun begitu aplikasi yang di install melalui store pihak ketiga masih memiliki jangka waktu biasanya satu tahun atau random, sedangkan untuk limit aplikasi yang dapat di install adalah tidak terbatas. Hal ini dikarenakan store pihak ketiga menggunakan sertifikat Apple ID developer ( berbayar ) untuk menginstall aplikasinya di perangkat kalian.

Baik sekian penjelasan soal jumlah ( berapa banyak ) aplikasi yang dapat di install dengan Apple ID Gratis dan Berbayar ( developer ) menggunakan Cydia Impactor, AltStore ataupun Xcode. Apabila ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan, silahkan tinggalkan pada kolom komentar dibawah, Terima Kasih!