Cara Install Ulang iOS iPhone X, XR, XS, 11 dan 11 Pro

Menginstall ulang iPhone dalam artian menginstall kembali software " iOS " yang digunakan pada iPhone sehingga menjadi baru kembali seperti semula ( bawaan pabrik ), bukanlah hal yang sulit dilakukan. Admin sendiri menemukan banyak pertanyaan soal " cara menginstall ulang iPhone ".


Namun definisi " Install Ulang " ini bisa bermacam-macam, ada yang ingin sekedar menghapus seluruh data pada iPhone ( tidak perlu install ulang iOS cukup dengan reset seluruh data ) atau memang benar-benar ingin menginstall ulang iOS pada iPhone ( membutuhkan iTunes ).

Bertujuan Untuk Menghapus Seluruh Data Pada iPhone Sehingga Menjadi Baru Kembali

Nah bagi kalian yang bertujuan hanya ingin menghapus seluruh data pada iPhone, tidak perlu melakukan install ulang melalui komputer. Cukup masuk ke aplikasi Pengaturan > Umum > Atur Ulang kemudian pilih Hapus Konten & Pengaturan untuk mereset iPhone ke pengaturan pabrik.


Dengan melakukan metode tersebut seluruh data pada iPhone kalian akan di hapus total dan menjadikan iPhone kalian seperti baru kembali.

Menginstall Ulang iOS Pada iPhone Melalui Komputer

Cara menginstall ulang iOS pada iPhone, iPad maupun iPod touch melalui komputer, sangat cocok bagi pengguna yang mengalami masalah pada iPhonenya, seperti :

  • iPhone stuck pada logo Apple
  • Menghapus Jailbreak
  • Menginstall iOS versi tertentu
  • Fresh Install iOS

Untuk caranya ada dua yang dapat kalian lakukan yang pertama melalui metode sederhana ( restore iPhone... ), install manual IPSW ( file iOS ) atau mode recovery ( mode pemulihan ). Untuk metode sederhana cocok bagi yang sekedar ingin mereset iPhone ke pengaturan pabrik dan mengupdate iOS ke versi terbaru yang tersedia saat ini, kemudian mode ipsw cocok bagi yang ingin menginstall versi iOS tertentu yang masih di sign oleh Apple, sedangkan mode recovery cocok untuk yang iPhonennya stuck di logo Apple dan tidak bisa merespon apa-apa.

Sebelum melanjutkan ke cara-caranya, pastikan di komputer kalian sudah terinstall aplikasi iTunes dan memiliki sambungan koneksi internet. Jika sudah silahkan lanjutkan caranya dibawah berikut :

Mode Restore iPhone Sederhana

Cara ini akan menghapus seluruh data pada iPhone ( kecuali dibackup sebelumnya ) dan akan mendownload iOS versi terbaru apabila tersedia.

#1 : Sambungkan iPhone kalian ke komputer menggunakan kabel data

Silahkan logout akun iCloud terlebih dahulu pada iPhone ( jika diperlukan ) melalui aplikasi Pengaturan > Akun iCloud Kalian > Keluar / LogOut

#2 : Buka aplikasi iTunes kemudian klik menu iPhone kalian

#3 : Jika sudah silahkan klik Restore iPhone dan ikuti proses yang diperintahkan oleh iTunes selanjutnya hingga selesai.

Cara lengkap bisa kalian baca pada postingan berikut : Cara Restore iPhone ke Pengaturan Pabrik Menggunakan iTunes

Metode Install IPSW

Metode ini dimana kalian akan menginstall file iOS ( sebutannya IPSW ) yang sudah kalian download, ke dalam iPhone. Kalian dapat memilih sendiri versi iOS yang kalian inginkan selama masih di sign oleh Apple.

#1 : Silahkan download file IPSW melalui link berikut : IPSW.ME *pastikan kalian memilih perangkat dan versi iOS yang masih disign, format file iOS yang didownload adalah .IPSW

#2 : Jika sudah sambungkan iPhone kalian ke komputer menggunakan kabel data

Silahkan logout akun iCloud terlebih dahulu pada iPhone melalui aplikasi Pengaturan > Akun iCloud Kalian > Keluar / LogOut

#3 : Setelah itu buka aplikasi iTunes dan klik menu iPhone kalian

#4 : Sekarang tekan dan tahan tombol Shift pada keyboard kemudian klik menu Restore iPhone...

#5 : Kemudian silahkan pilih file IPSW yang sudah di download lalu klik Open

#6 : Terakhir silahkan klik Restore kemudian tunggu dan ikuti instruksi dari iTunes selanjutnya.

Cara lengkapnya bisa kalian baca pada postingan berikut : Cara Download, Install dan Restore IPSW / Firmware iOS iPhone

Metode Recovery

Cara ini sangat cocok bagi yang iPhonenya mati total, stuck di logo Apple dan lain sebagainya, yang tidak terdeteksi oleh iTunes.

#1 : Sambungkan iPhone kalian yang stuck, mati total dsb ke komputer menggunakan kabel data

#2 : Sekarang buka aplikasi iTunes

#3 : Selanjutnya silahkan masukkan iPhone kalian ke Mode Recovery, caranya :

iPhone 8, X, XR, XS, 11 hingga yang terbaru : *lakukan dengan agak cepat

> Tekan tombol Volume Atas kemudian lepas
> Tekan tombol Volume Bawah kemudian lepas
> Tekan dan Tahan tombol Power / Lock hingga iTunes mendeteksi iPhone kalian memiliki problem / masalah

iPhone 7 dan 7 Plus

> Tekan tombol Volume Bawah dan Power / Lock secara bersamaan hingga iTunes mendeteksi iPhone kalian memiliki problem / masalah

iPhone 6S, SE, 6, 5S atau lebih lama

> Tekan tombol Volume Bawah dan Home secara bersamaan hingga iTunes mendeteksi iPhone kalian memiliki problem / masalah

#4 : Apabila iTunes sudah mendeteksi iPhone kalian berada dalam masalah, silahkan klik Restore untuk menghapus seluruh data pada iPhone dan menjadikannya baru kembali, atau klik Update dengan tambahan mengupdate iOS yang ada pada iPhone tersebut.

#5 : Jika sudah iPhone kalian akan memulai proses pemulihan

#6 : Selanjutnya silahkan ikuti instruksi yang di tampilkan oleh iTunes

Cara lengkapnya bisa kalian baca pada postingan berikut : Cara Install Ulang iOS iPhone Menggunakan Mode Recovery

Bagaimana? gampang kan? jika semua proses sudah selesai iPhone kalian sudah berubah menjadi seperti baru kembali. Baik sekian informasi cara-cara menginstall ulang iPhone menjadi baru tanpa komputer. Apabila ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan, silahkan tinggalkan pada kolom komentar dibawah, Terima Kasih!