Cara Memindahkan File PDF dari iPhone ke PC, Laptop atau Mac

Karena banyaknya pertanyaan yang masuk soal bagaimana cara transfer dokumen PDF dari iPhone dan iPad ke Komputer / Laptop, khusus pada postingan kali ini admin akan membagikan cara-cara yang bisa kalian lakukan, mulai dari transfer menggunakan kabel data hingga menggunakan layanan iCloud.


Baik kalau begitu langsung saja ikuti cara-caranya berikut ini.

Cara Transfer PDF dari iPhone ke PC, Laptop  & Mac via iCloud

Cara pertama ini paling admin rekomendasikan, tanpa menggunakan kabel data namun syaratnya iPhone dan Laptop kalian harus terhubung ke koneksi internet, kalau begitu langsung saja berikut cara-caranya.

#1 : Pertama silahkan akses dokumen PDF yang ada di iPhone kalian

#2 : Selanjutnya, apabila PDF tersebut tersimpan di Email atau aplikasi WhatsApp silahkan tap atau tap dan tahan pada file PDF tersebut lalu pilih menu Bagikan (icon berbagi file biasanya terletak diujung kanan atas atau kiri bawah)


#3 : Setelah itu silahkan pilih menu Simpan ke File


#4 : Lalu pastikan kalian memilih menu iCloud Drive kemudian tap Simpan


Tambahan : apabila file PDF berada pada aplikasi File silahkan pindahkan atau salin PDF tersebut ke direktori iCloud Drive, caranya? tap dan tahan pada PDF selanjutnya pilih menu Salin lalu buka direktori iCloud Drive (tap menu Lokasi dipojok kiri atas), kemudian tap dan tahan sembarang tempat dan pilih Tempel

Namun apabila file PDF sudah berada pada iCloud Drive kalian tidak perlu melakukan cara-cara diatas lagi.

#5 : Lanjut, sekarang buka PC, Laptop atau Mac kalian lalu buka aplikasi browser misalnya Google Chrome atau Safari

#6 : Kemudian buka website iCloud berikut : https://www.icloud.com/ kemudian Login akun iCloud kalian (pastikan akun iCloud yang di login merupakan akun iCloud yang digunakan juga pada iPhone tempat file PDF tadi disimpan)

#7 : Jika sudah pilih menu iCloud Drive


#8 : Sekarang silahkan pilih PDF yang ingin disimpan ke PC lalu klik tombol Download yang berada dipojok kanan atas, contohnya silahkan lihat contoh gambar berikut


#9 : Jika sudah file PDF akan di download dan tersimpan di PC atau laptop kalian :)

Ya meskipun harus terhubung ke koneksi internet untuk memindahkan (upload) file PDF ke iCloud Drive kemudian di download melalui Komputer, namun cara diatas merupakan salah satu cara paling mudah dan bisa dibilang cukup sederhana.

Min ukuran file PDF terlalu besar, lalu bagaimana solusi jika ingin mentransfer file PDF dari iPhone ke PC secara offline? bisa juga namun caranya sedikit lebih rumit karena di awal-awal kalian juga harus menginstall aplikasi tambahan. Caranya? langsung saja ikuti cara-cara di bawah berikut untuk transfer file PDF dari iPhone ke PC secara offline.

Cara Transfer PDF dari iPhone ke PC, Laptop & Mac via Kabel Data

Keuntungan cara kedua ini adalah waktu untuk transfer lebih singkat karena kalian tidak perlu lagi mengupload file ke iCloud Drive kemudian mendownloadnya di PC / Laptop. Namun untuk di awal-awal caranya memang sedikit lebih rumit, karena disini kita akan menggunakan bantuan dari aplikasi pihak ketiga yang berfungsi sebagai file sharing, yang nantinya dari aplikasi tersebutlah kita akan mentransfer PDF ke komputer menggunakan kabel data, kalau begitu langsung saja ikuti cara-caranya berikut ini.

#1 : Silahkan download dan isntall aplikasi File Manager yang berfungsi sebagai file sharing di iPhone kalian, berikut linknya : Download File Manager via App Store (gratis kok)

#2 : Jika sudah sama seperti cara pertama di atas, apabila PDF tersebut tersimpan di Email atau aplikasi WhatsApp silahkan tap atau tap dan tahan pada file PDF tersebut lalu pilih menu Bagikan (icon berbagi file biasanya terletak diujung kanan atas atau kiri bawah)


#3 : Setelah itu silahkan pilih menu Salin ke File Manager (jika menu tidak ada silahkan cari di pilih menu Lainnya)


#4 : Pada tahap ini file PDF kalian sudah di transfer ke aplikasi File Manager, selanjutnya silahkan sambungkan iPhone kalian ke komputer lalu buka aplikasi iTunes

Belum punya iTunes? silahkan download dan install terlebih dahulu melalui link berikut : Download - iTunes

#5 : Jika sudah klik icon perangkat kalian (di kiri atas) kemudian pilih menu File Sharing

#6 : Selanjutnya pilih aplikasi File Manager kemudian klik folder Local Files lalu klik Save dan pilih direktori tempat untuk menyimpan PDF atau file-file yang ada pada aplikasi File Manager


#7 : Terakhir silahkan cek tempat kalian menyimpan file PDF tersebut dan selesai deh.

Untuk selanjutnya kalian mentransfer file-file dokumen apapun itu ke aplikasi File Manager kemudian jika ingin di transfer ke PC silahkan ikuti cara-cara diatas. Selain itu jangan lupa juga untuk menghapus atau mengatur file-file yang sudah di transfer ke aplikasi File Manager agar tidak memakan banyak ruang penyimpanan.

Baik itu saja cara-cara memindahkan file PDF dari iPhone ke komputer, apabila ada informasi yang ingin ditanyakan atau sampaikan, silahkan tinggalkan pada kolom komentar di bawah, terima kasih.