Cara Mengganti Nama Foto / Video di iPhone dan iPad

Seperti yang diketahui secara bawaan iPhone, iPad maupun iPod touch tidak memiliki fitur pada aplikasi galeri fotonya yang dapat digunakan untuk mengubah nama foto ataupun video, lagipula di iPhone sendiri penamaan foto atau video tidak tampil di galeri foto.


Namun jika kalian berniat untuk mengubah nama foto ataupun video yang ada di galeri foto iPhone, jawabannya tentu saja bisa. Disini kita tidak menggunakan aplikasi galeri foto bawaan iPhone, melainkan kita akan menggunakan aplikasi File bawaan iPhone.

Tetapi ingat ya, mengubah atau mengganti nama foto dan video ini hanya berlaku jika kalian ingin mengirim atau membagikan foto tersebut. Lain hal jika kalian berniat untuk mengganti nama foto kemudian menyimpannya kembali ke galeri foto iPhone, karena hal tersebut akan sia-sia saja sebab nama foto yang terdapat pada galeri foto, akan diacak secara otomatis mengikuti penamaan oleh sistem.

Baik kalau begitu langsung saja ikuti cara berikut untuk mengganti nama foto atau video di iPhone, iPad dan iPod touch.

Cara Mengganti Nama Foto / Video di iPhone dan iPad

1. Silakan pilih foto ataupun video yang ingin diubah namanya

2. Jika sudah pilih menu Bagikan (contohnya bisa kalian lihat pada gambar di bawah), lalu pilih menu Simpan ke File


3. Jika sudah jangan lupa pilih menu Di iPhone Saya kemudian tap Simpan (kalian juga bisa memilih di iCloud Drive sehingga file dapat diakses secara online)


4. Selanjutnya silakan kembali ke layar utama lalu buka aplikasi File


5. Kemudian akses lokasi Di iPhone Saya (atau direktori tempat yang sudah kalian pilih untuk menyalin foto yang dipilih)

6. Jika sudah untuk mengganti nama foto atau video silakan tap dan tahan pada foto atau video tersebut, kemudian pilih menu Ubah Nama lalu silakan ubah ke nama yang kalian inginkan dan tap Selesai


7. Jika sudah sekarang foto atau video tersebut sudah diubah namanya, selanjutnya apabila kalian ingin membagikan atau mengirim foto tersebut, silakan tap dan tahan lagi kemudian piluh menu Bagikan.


Bagaimana gampang kan? jika foto atau video sudah dikirim kalian bisa menghapusnya sehingga tidak memakan banyak ruang penyimpanan.

Min bagaimana jika ingin memisah, menandai atau mengkategorikan foto atau video di galeri foto iPhone? jalan satu-satunya adalah dengan membuat Album, caranya buka aplikasi Foto kemudian masuk ke menu Album kemudian tap icon tanda tambah (dipojok kiri atas) lalu pilih Album Baru, terakhir silakan pilih foto yang kalian inginkan dan pindahkan ke album tersebut.

Baca Juga : Cara Mengembalikan Foto dan Video Yang Terhapus Permanen di iPhone

Ya, memang Apple tidak mengizinkan penggunanya untuk mengubah nama foto dan video langsung di galeri foto, entah kenapa, tetapi mungkin untuk mempermudah sistem pada iPhone agar dapat memanajemen foto-foto dengan baik.

Oke sekian dulu informasi cara mengganti nama foto atau video di iPhone, iPad dan iPod touch, apabila ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan silakan tinggalkan pada kolom komentar di bawah, terima kasih!