Cara Mengembalikan Foto dan Video yang Terhapus Permanen di iPhone

Bagi kalian yang ingin mengembalikan Foto maupun Video yang secara tidak langsung sudah terhapus secara "permanen" dari dalam iPhone, iPad maupun iPod touch apalagi foto dan video tersebut termasuk kategori yang berharga dan tidak dapat diulang kembali, jangan berkecil hati pada postingan kali ini admin akan membantu kalian semaksimal mungkin untuk mengembalikkan foto maupun video yang telah terhapus tersebut.


Namun sebelum melanjutnya admin tidak menjamin foto maupun video kalian dapat dikembalikan, namun jika kalian beruntung maka admin yakin bahwa foto dan video kalian dapat dikembalikan lagi (lebih besar kemungkinan untuk foto).

Satu lagi sebelum mengikuti cara-cara di bawah, pastikan data-data termasuk foto yang ada pada iPhone kalian sekarang sudah di backup untuk menghindari adanya kesalahan.

Cek Menu "Baru Dihapus"

Yang pertama bagi yang belum tahu, Foto dan Video yang kalian hapus tidak secara otomatis terhapus begitu saja, melainkan akan ditempatkan dulu pada Album "Baru Dihapus" dan akan bertahan selama 30 hari sebelum benar-benar dihapus secara permanen.

Jika beruntung dan belum sampai 30 hari foto atau video tersebut dihapus, silakan

  1. Buka aplikasi Foto lalu masuk ke menu Album
  2. Kemudian di bagian paling bawah tap menu Baru Dihapus
  3. Jika beruntung maka foto atau video yang diinginkan akan berada di sana, jika ya, silakan pilih foto dan video yang akan dikembalikan lalu tap Pulihkan.


Cek Menu Tersembunyi

Pastikan juga foto atau video tersebut tidak kalian sembunyikan, bagi yang merasa tidak silakan lewati langkah ini. Untuk melihat foto yang tersembunyi silakan ikuti cara-cara berikut ini:

#1 : Buka aplikasi Foto lalu masuk ke menu Album kemudian pilih menu Tersembunyi

#2 : Apabila beruntung maka foto atau video kalian akan berada pada menu ini

#3 : Jika ya, silahkan pilih foto atau video yang ingin dikembalikkan, lalu tap menu Tambahkan Ke.. dan masukkan ke album yang kalian inginkan

Cek di iCloud

Secara otomatis foto-foto dalam galeri iPhone kalian akan dibackup ke dalam layanan penyimpanan iCloud. Nah iCloud inilah yang dapat menjadi harapan besar untuk mengembalikkan foto-foto kalian (sayangnya tidak untuk video).

Kalau begitu langsung saja ikuti cara-cara berikut ini untuk mengembalikkan foto dan video kalian apabila tersimpan secara otomatis di iCloud:

Cara 1: Aktifkan Foto iCloud

#1 : Pertama siapkan koneksi WiFi (yang kencang) lalu buka aplikasi Pengaturan

#2 : Lalu masuk ke menu akun iCloud yang berada dibagian paling atas aplikasi Pengaturan

#3 : Jika sudah pilih menu iCloud > Foto kemudian nyalakan menu Foto iCloud dan pilih menu Unduh dan Simpan yang Asli

Sebagai catatan, apabila menu Foto iCloud sudah dalam keadaan menyala, silakan dimatikan kemudian nyalakan kembali

#4 : Tunggu hingga beberapa saat mungkin sekitar 1 - 5 menit maka foto-foto yang ada pada iCloud secara otomatis akan di download dan simpan ke dalam galeri foto iPhone

#5 : Apabila beruntung kalian dapat menemukan foto-foto kalian lagi yang tadinya sudah terhapus

Cara 2: Download manual Foto yang ada di iCloud

#1 : Silakan buka website iCloud di https://www.icloud.com (melalui browser safari atau melalui komputer agar lebih bagus dengan tampilan yang besar)

#2 : Setelah itu Login menggunakan Apple ID yang kalian gunakan pada iPhone

#3 : Jika sudah login sekarang silahkan pilih menu Foto dan apabila beruntung maka foto atau video yang terhapus akan ditampilkan pada Foto iCloud tersebut

#4 : Apabila benar ada silakan tap menu Select lalu pilih foto yang akan disimpan lalu tap menu Download dan foto kalian secara otomatis akan di download dalam bentuk file arsip Zip

Cek Backup iTunes

Apabila kalian sering menghubungkan iPhone kalian dengan aplikasi iTunes, maka selamat, sama seperti iCloud iTunes secara otomatis akan membackup seluruh data-data pada iPhone ketika terhubung dengan iTunes.

Berbeda dengan iCloud, iTunes akan membackup seluruh data-data pada galeri foto kalian termasuk Video. Nah apabila kalian ingin mengembalikan backup data-data tersebut ke dalam iPhone, kalian bisa mengikuti dua cara berikut:

  • Pertama mengembalikan langsung seluruh backup yang ada di iTunes ke dalam iPhone kalian (hal ini termasuk data aplikasi, kontak, catatan, log panggilan, musik dll)
  • Atau yang kedua kalian bisa mengekstrak data-data yang ada pada backupan iTunes, kenapa harus di ekstrak? karena data yang dibackup iTunes sudah berubah format dan tidak dapat diakses secara langsung

Apabila kalian memilih cara yang pertama, silakan ikuti langkah-langkahnya berikut ini:

Cara 1: Restore Langsung Backup iTunes ke dalam iPhone

#1 : Pada iPhone kalian silakan nonaktifkan fitur Cari iPhone Saya, caranya buka aplikasi Pengaturan > akun iCloud (dibagian paling atas) > Lacak > Cari iPhone Saya lalu matikan menu Cari iPhone Saya

#2 : Jika sudah sambungkan iPhone kalian ke dalam komputer kemudian buka aplikasi iTunes

#3 : Pada menu iPhone di aplikasi iTunes silakan klik menu Restore Backup 


#4 : Selanjutnya silakan ikuti prosesnya hingga selesai

Cara 2: Ekstrak Data pada Backup iTunes

Cara kedua kalian bisa mengekstrak seluruh data yang sudah kalian backup pada aplikasi iTunes, jadi tidak perlu direstore ke dalam iPhone. Cara ini terbilang lebih praktis dan rapih, karena cara-caranya agak panjang jadi sudah admin buatkan postingannya ditempat terpisah, silakan buka link berikut: Cara Membuka / Ekstrak File Data Backup iPhone di iTunes

Cek di Sosial Media

Apabila cara-cara di atas tidak ada yang membuahkan hasil, kalian bisa mengingat apakah foto dan video yang terhapus tersebut sebelumnya pernah di upload ke sosial media atau dikirimkan ke seseorang? jika ya kalian bisa mengambilnya kembali dari sosial media tersebut atau jika sebelumnya pernah dikirimkan ke orang lain silakan minta mereka untuk mengirimkannya kembali pada kalian.

Masih Tidak Ada Juga?

Masih juga tidak ditemukan? pada tahap ini kemungkinan besar kalian harus merelakan foto dan video tersebut terhapus pemanen, sebab untuk saat ini tidak ada cara yang dapat dilakukan untuk mengembalikan foto atau video pada iPhone yang terhapus tanpa adanya backup.

Admin sendiri seringkali menemukan pertanyaan apakah ada aplikasi yang dapat mengembalikkan foto iPhone yang terhapus tanpa ada backupan? dan jawabanya tentu saja Tidak Bisa.

Berbeda dengan Android, data pada iPhone semuanya terenkripsi sehingga apabila terhapus mustahil untuk dikembalikan lagi. Jadi ikhlas mungkin adalah jawaban yang tepat sampai di akhir cara yang dapat admin bagikan ini.