Cara Membuka / Ekstrak File Data Backup iPhone di iTunes

iTunes merupakan salah satu aplikasi yang wajib dimiliki / terinstall di PC para pengguna iPhone, iPad maupun iPod touch. Salah satu fungsi utama dari iTunes adalah untuk membackup data-data penting yang ada di iPhone kalian ke dalam komputer secara otomatis setiap kali aplikasi iTunes dijalankan. File yang di backup tersebut berisikan file Foto / Video, Kontak, Catatan, Riwayat Panggilan Telepon, Pesan, Chat WhatsApp, Dokumen Aplikasi dan lain sebagainya.


Setiap kali kita melakukan backup data melalui iTunes, maka secara otomatis data-data backup tersebut akan disimpan pada direktori iTunes dalam bentuk folder / file random (acak) yang tidak bisa kita buka, akses atau baca satu per satu secara manual.

Baca Juga : Lokasi Penyimpanan Backup iTunes dan Cara Menghapusnya

Nah untuk mengakses dan membuka data-data hasil backup iPhone, iPad dan iPod touch di aplikasi iTunes langsung melalui komputer, disini kita membutuhkan bantuan dari aplikasi pihak ketiga. Lalu bagaimana caranya dan aplikasi apa saja yang dibutuhkan? kalau begitu langsung saja ikuti cara-caranya berikut ini.

Cara Membuka, Melihat atau Mengekstrak Data File hasil Backup iTunes

Sebelum melanjutkan disini kita memerlukan bantuan dari aplikasi pihak ketiga untuk melihat, membuka dan menyalin atau mengekstrak file backup iTunes tersebut. Ada banyak aplikasi yang dapat kalian manfaatkan salah satunya adalah iBackup Viewer atau iMazing. Nah karena admin cari yang gratisan dengan pembatasan yang tidak terlalu pelit, jadi admin akan menggunakan aplikasi iBackup Viewer.

#1 : Silahkan download aplikasi iBackup Viewer melalui link berikut : http://www.imactools.com/ (pilih yang free trial) 😂

#2 : Setelah di download silahkan install aplikasi iBackup Viewer seperti biasa

#3 : Jika sudah silahkan buka aplikasi iBackup Viewer dan secara otomatis aplikasi iBackup Viewer akan membaca data-data backup-an iTunes

#4 : Silahkan pilih ingin mengekstrak file data backup yang mana (jika lebih dari satu)


#5 : Setelah itu kalian akan di hadapkan dengan pilihan untuk membuka dan mengekstrak file jenis apa dari data backup tersebut (ada kontak, log panggilan telepon, pesan, kalender, catatan, rekaman suara, history bookmark safari, foto / video, chat whatsapp, data aplikasi dll. )


#6 : Setelah data yang kalian inginkan tampil, untuk mengekstrak file tersebut silahkan pilih dulu yang diingkan kemudian klik tombol Export lalu Selected untuk memilih lokasi untuk menyimpan file dan klik OK jika sudah


Sebagai tambahan, karena aplikasi yang kita gunakan free trial alias gratisan maka akan ada batasan dalam satu kali transfer khusus untuk foto dan video, yaitu dibatasi 10 foto atau video saja setiap satu kali transfer, jadi misalnya ada 1000 foto? mau tidak mau kalian harus mengulang 100x untuk mengekstrak semuanya, namun jika memang aplikasi ini bermanfaat kalian bisa membeli yang versi Pro tanpa adanya batasan.

#7 : Terakhir silahkan cek folder tempat kalian mengekstrak data dan lihat hasilnya.

Ya, itu saja cara yang mudah, cepat dan sederhana untuk membuka dan mengesktrak file data backup iPhone, iPad dan iPod touch di iTunes. Ada beberapa hal yang perlu kalian perhatikan, apabila data backup tersebut di enkripsi biasanya aplikasi tersebut kesulitan bahkan tidak dapat membacanya.

Jika kalian ingin megembalikan keadaan file backup tersebut langsung ke dalam iPhone, iPad atau iPod touch, kalian cukup menggunakan fitur Restore Backup yang ada di aplikasi iTunes.

Baca Juga : Cara Menyelamatkan / Backup Data pada iPhone yang Mati Total

Baik itu saja cara-cara membukan, melihat, mengakses, mengekstrak, menyalin atau menampilkan fil e backup iPhone, iPad dan iPod touch yang ada di iTunes. Apabila ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan, silahkan tinggalkan pada kolom komentar di bawah, terima kasih.