Cara Menyelamatkan / Backup Data pada iPhone yang Mati Total

Salah satu mimpi buruk bagi pengguna iPhone (termasuk semua pengguna smartphone lainnya) adalah keadaan dimana iPhone secara tiba-tiba mati total dan tidak bisa dinyalakan sama sekali. Ketika iPhone tersebut mati total salah satu hal yang seringkali di khawatirkan adalah data-data yang masih tersimpan di dalam iPhone tersebut.


Admin sendiri pun pernah mengalami hal serupa dan mengerti kondisi ketika data-data penting seperti foto, kontak, catatan dan lain sebagainya yang tersimpan pada iPhone terancam hilang selamanya. 

Oh ya sebelum melanjutkan ke solusi menyelamatkan, menyimpan, transfer atau membackup data pada iPhone yang mati total tersebut, kalian bisa mencoba membangkitkan kembali iPhone kalian menggunakan cara-cara pada postingan berikut (pilih sesuai model iPhone yang kalian gunakan) :

Apabila cara-cara diatas sudah kalian coba namun tidak membuahkan hasil, berarti sudah bisa dipastikan 99% iPhone kalian memang benar-benar mati total. Lalu apa selanjutnya dan bagaimana cara menyelamatkan data-data pada iPhone yang mati total?

Solusi Menyelamatkan / Backup Data pada iPhone, iPad dan iPod touch yang Mati Total

Sederhananya ketika iPhone sudah mati total maka iPhone tersebut sudah tidak bisa terdeteksi lagi atau terhubung ke perangkat manapun termasuk komputer, jadi sebagai solusinya disini kita akan mengembalikan data kalian dari 2 sumber utama yang biasanya akan menyimpan data-data penting pada iPhone kalian secara otomatis, pertama dari iCloud dan yang kedua dari hasil backup di iTunes. Data yang bisa kalian kembalikan bermacam-macam mulai dari Foto, Video, Kontak, Catatan, Kalender dan lain sebagainya.

Kalau begitu langsung saja ikuti cara-caranya berikut ini. *Baca Tutorial di Bawah Berikut dengan Teliti*

Solusi #1 : Cek Penyimpanan iCloud

Secara bawaan iPhone, iPad maupun iPod touch akan secara otomatis membackup data-data kalian seperti Foto, Kontak, Catatan, Kalender, Memo Suara dan lain sebagainya ke penyimpanan iCloud. Dari sinilah ada kesempatan besar untuk mengembalikan data-data penting pada iPhone yang mati total tersebut.

Oke kalau begitu langsung saja ikuti cara-caranya berikut ini :

#1 : Silahkan Login akun iCloud yang kalian gunakan pada iPhone yang mati total tersebut melalui situs berikut : https://www.icloud.com/

#2 : Jika sudah silahkan pilih ingin membackup atau mengambil data apa, sebagai contoh disini admin akan mengambil data foto jadi admin pilih icon foto


#3 : Sekarang silahkan pilih file yang akan disimpan atau backup ke komputer kemudian klik icon Download yang berada dibagian atas (pilih lagi Unduh jika diminta)


#4 : Jika sudah maka file yang kalian pilih akan secara otomatis di download :)

Solusi #2 : Cek pada Backup Data di iTunes

Apabila sebelumnya iPhone yang mati total tersebut pernah di backup ke komputer menggunakan aplikasi iTunes maka besar kesempatan untuk menyelamatkan data-data penting kalian. Namun sebelumnya pastikan apakah data backup tersebut benar-benar ada, bagaimana caranya?

  1. Pertama buka aplikasi iTunes pada komputer yang pernah terhubung dengan iPhone yang mati total tersebut
  2. Kemudian pada aplikasi iTunes silahkan klik menu Edit > Preferences lalu pilih menu Devices
  3. Apabila terdapat beruntung maka hasil data backup iPhone kalian akan tampil pada menu Devices Backup, contohnya bisa kalian lihat gambar berikut


Jika ada maka selamat, kalian memiliki harapan yang besar untuk mengembalikan data-data penting kalian kembali. Namun perlu diperhatikan juga bahwa kalian tidak bisa langsung mengambil dan membuka file hasil backup iTunes tersebut, disini kita membutuhkan bantuan dari aplikasi Ekstraksi data iTunes seperti iMazing atau iBackup Viewer, namun karena admin cari yang gratisan tetapi bisa berfungsi dengan baik kita akan menggunakan aplikasi iBackup Viewer saja.

Baik kalau begitu langsung saja ikuti cara ekstraksi data dari backup iTunes berikut ini.

#1 : Download terlebih dahulu aplikasi iBackup Viewer melalui link berikut : http://www.imactools.com/ (pilih yang Try Free 😂)

Catatan, apabila aplikasi iBackup Viewer tidak bekerja, kalian bisa menggunakan aplikasi penggantinya dengan fungsi serupa seperti iMazing (berbayar atau.... gratis dengan limitasi yang menyebalkan😔)

#2 : Jika sudah silahkan di install seperti biasa (next > next > finish)

#3 : Kemudian ketika aplikasi iBackup Viewer telah terbuka maka aplikasi tersebut akan menunjukkan data backup pada iPhone kalian


#4 : Jika sudah silhkan di klik pada menu backup tersebut

#5 : Sekarang kalian bisa memilih ingin menyelamatkan data apa saja, ada foto, kontak, telepon (riwayat panggilan), pesan, catatan, kalender, perekaman suara bahkan whatsapp dan lain sebagainya.


#6 : Sebagai contoh disini admin akan membackup data foto jadi admin pilih icon aplikasi foto

#7 : Selanjutnya silahkan pilih foto yang akan disimpan (ingat karena aplikasi yang kita gunakan merupakan versi gratisan jadi kalian hanya dapat menyimpan 10 foto dalam satu kali pilih, jika ada ribuan foto atau video ya tetap semangat mengulangnya hehe.. 😂 atau jika mau kalian bisa membeli yang versi Pro)

#8 : Jika sudah terpilih silahkan klik tombol Export > Selected


#9 : Lalu pilih Folder tempat untuk menyimpan file tersebut dan klik OK


#10 : Terakhir silahkan cek folder tersebut dan lihat hasilnya, cara dari no #8 sampai #9 di atas sama penerapannya untuk menu backup lainnya.

Solusi Lainnya..

Namun jika data yang kalian cari sudah tidak terdapat dimana-mana dan memang hanya tersimpan di dalam iPhone yang mati total tersebut, maka jalan satu-satunya adalah dengan membawa iPhone tersebut untuk diperbaiki oleh teknisi yang sudah berpengalaman dan memintanya sebisa mungkin untuk menyelamatkan data kalian.

Memang berat jika harus kehilangan data-data penting, apalagi terdapat banyak berkas kerja ataupun foto dan video kenangan di dalamnya. Lain waktu untuk berjaga-jaga, gunakan iCloud atau iTunes untuk membackup data-data penting kalian secara rutin.

Nah setelah mengikuti cara-cara diatas apakah data kalian berhasil ditemukan dan kembali ke tangan kalian? jika ya, simpan data tersebut setidaknya di dua tempat apabila memang benar-benar berharga.

Baik sekian dulu informasi cara menyelamatkan, memindahkan atau membackup data-data penting pada iPhone, iPad dan iPod touch yang mati total. Apabila ada informasi yang ingin ditanyakan atau sampaikan, silahkan tinggalkan pada kolom komentar di bawah, terima kasih!