Cara Kalibrasi Sensor Gyroscope di iPhone dan iPad

Sensor Gyroscope atau Giroskop pada iPhone dan iPad (termasuk smartphone lainnya) digunakan untuk mengukur gerakan sebuah sudut dan rotasi, dalam penerapannya giroskop berfungsi sebagai sensor untuk memutar layar iPhone, menggunakan kompas hingga bermain game.


Jika kalian merasakan bahwa sensor giroskop di iPhone atau iPad kalian tidak bekerja dengan baik, entah tidak mau bekerja sama sekali, delay bahkan tidak akurat, kalian bisa melakukan kalibrasi untuk menyegarkan kembali fungsi giroskop maupun kompas. Bagaimana caranya? langsung saja ikuti langkah-langkahnya berikut ini.

Cara Kalibrasi Sensor Gyroscope & Kompas di iPhone dan iPad

#1 : Buka aplikasi Pengaturan

#2 : Kemudian masuk ke menu Privasi > Layanan Lokasi (pastikan layanan lokasi dalam keadaan menyala)

#3 : Jika sudah pilih lagi menu Layanan Sistem


#4 : Sekarang silahkan nyalakan menu Jarak & Kalibrasi Gerakan dan menu Kalibrasi Kompas (apabila dalam keadaan menyala silahkan dimatikan kemudian nyalakan kembali)


#5 : Jika sudah kembali ke layar depan dan buka aplikasi Kompas lalu lihat hasilnya

Dalam beberapa kasus aplikasi kompas akan meminta kalian untuk memutarkan iPhone membentuk formasi angka 8, ikuti petunjuk yang diberikan.

Apabila berhasil maka aplikasi kompas pada iPhone kalian akan bekerja normal dan menunjukkan arah mata angin.

Giroskop di iPhone atau iPad Kalian tidak jalan?

Apabila aplikasi kompas tidak bisa berfungsi, coba masuk ke aplikasi Pengaturan > Kompas lalu matikan menu Gunakan Utara Sesungguhnya.

Untuk mencoba apakah Giroskop di iPhone kalian bekerja atau tidak, coba matikan menu Kunci Orientasi Potret melalui Pusat Kontrol


Jika sudah buka aplikasi misalnya browser Safari kemudian miringkan iPhone kalian ke arah kanan atau kiri, apabila aplikasi ikuti berputar maka hal tersebut menandakan giroskop berfungsi dengan baik. Coba restart juga iPhone atau iPad kalian untuk menyegarkan kembali sistem.

Oke itu saja cara yang bisa kalian gunakan untuk mengkalibrasi sensor Gyroscope / Giroskop di iPhone dan iPad (termasuk aplikasi kompas). Apabila ada hal yang ingin disampaikan atau tanyakan, silahkan tinggalkan pada kolom komentar di bawah, terima kasih.