Cara Mengembalikan Chat WhatsApp di iPhone yang Terhapus Permanen

WhatsApp adalah salah satu aplikasi chatting multifungsi untuk mengirim pesan teks, gambar, video, rekaman audio, dokumen, panggilan suara hingga video call yang paling populer di Indonesia, selain mudah digunakan tampilan dari WhatsApp juga terbilang cukup sederhana.


Namun dalam beberapa kerjadian, banyak pengguna WhatsApp yang harus kehilangan chat-chatnya akibat tidak sengaja terhapus atau ada hal yang memaksa untuk menginstall ulang aplikasi WhatsApp tersebut.

Nah pada postingan kali ini Admin akan membagikan cara mengembalikan chat-chat pada aplikasi WhatsApp yang terhapus khususnya bagi pengguna iOS iPhone dan iPadOS iPad. Namun ingat cara ini tidak 100% berhasil namun jika beruntung maka chat-chat pada iPhone kalian bisa dikembalikan lagi dengan cara yang akan admin berikan berikut. Good Luck!

Cara #1 : Restore / Kembalikan Chat Melalui Backup di iCloud

WhatsApp di iPhone memiliki fitur pencadangan / backup otomatis chat dan media ke layanan iCloud, maka dari itu ada harapan bahwa chat yang kalian cari tersimpan dan dibackup ke iCloud.

Untuk memastikan apakah chat kalian ingin kembalikan sudah tersimpan dan telah dibackup ke layanan iCloud, silahkan buka dulu aplikasi WhatsApp, kemudian masuk ke menu Pengaturan > Chat > Cadangan Chat. Lihat kapan terakhir backup tersebut dilakukan, apabila tanggal backup menunjukkan tanggal dimana chat yang kalian ingin kembalikan masih ada, silahkan lanjutkan proses untuk mengembalikkannya berikut ini.

#1 : Disini kalian perlu menghapus aplikasi WhatsApp yang ada di iPhone kalian, penghapusan akan dilakukan bersama dengan chat yang masih ada

#2 : Jika sudah silahkan install ulang aplikasi WhatsApp melalui App Store

#3 : Setelah selesai buka aplikasi WhatsApp kemudian masukkan nomor kalian

#4 : Selanjutnya jika muncul menu Pulihkan dari iCloud silahkan pilih Pulihkan kemudian jika sudah muncul Pesan Dipulihkan tap Lanjut


#5 : Terakhir cek kembali chat yang sudah dipulihkan tersebut

Cara #2 : Kembalikan Melalui Backup iTunes

Apakah saat chat tersebut masih ada kalian pernah membackup iPhone kalian melalui iTunes? jika ya selamat kalian bisa mengembalikan chat yang terhapus permanen tersebut melalui data hasil backup di iTunes, bagaimana caranya?

Ingat cara ini akan mengembalikan dan menimpa data backup kalian ke dalam iPhone

#1 : Sambungkan iPhone kalian ke komputer kemudian buka aplikasi iTunes

#2 : Jika sudah pada iPhone silahkan buka Pengaturan > (akun iCloud dipaling atas) > Lacak > Cari iPhone Saya kemudian matikan menu Cari iPhone Saya

#3 : Setelah itu pada iTunes klik menu Restore Backup lalu pilih data backup yang ingin kalian kembalikan dan ikuti hingga prosesnya selesai


Jika berhasil silahkan install atau buka kembali aplikasi WhatsApp dan lihat hasilnya.

Baik itu saja cara-cara yang dapat kalian gunakan untuk mengembalik chat WhatsApp yang terhapus pemanen dari iPhone atau iPad. Apabila ada informasi yang masih kurang jelas dan ingin ditanyakan silahkan tinggalkan pertanyaan kalian pada kolom komentar di bawah, terima kasih.