Cara Mengatasi Speaker iPhone yang Tidak Berfungsi Sebelah

Speaker merupakan salah satu komponen yang keberadaannya tentu sangat penting. Namun, tidak sedikit pengguna iPhone yang menemukan bahwa speaker di iPhone mereka tidak berfungsi sebelah alias mati.

Lalu apa penyebabnya atau apakah hal ini normal? jika tidak, bagaimana solusi serta cara untuk mengatasinya?


Fungsi speaker yang sering dilaporkan tidak berfungsi atau mati adalah speaker di bagian bawah iPhone tepatnya yang terletak di sebelah kiri.

Letak Speaker pada iPhone

Perlu kalian perhatikan bahwa 2 jajaran lubang di bagian bawah iPhone tidak semuanya Speaker melainkan salah satunya adalah Mikrofon.


Jadi, apabila lubang bagian bawah kiri yang seringkali dikira speaker tersebut tidak berbunyi maka hal ini sangatlah normal. Sebab sekali lagi, lubang tersebut bukanlah speaker melainkan mikrofon.

Masih tidak percaya? berikut informasi spesifikasi teknis salah satu iPhone yang dibagikan oleh Apple.

letak mikrofon, speaker, tombol, serta konektor di iPhone 13 dan iPhone 14.

letak mikrofon, speaker, tombol, serta konektor di iPhone SE Gen-3

Bisa dilihat melalui gambar di atas bahwa built-in mikrofon mencakup area kiri speaker dan tengah (konektor lightning).

Sedangkan untuk komponen speaker terletak di sisi sebelah kanan.

Apa itu Mikrofon?


Bagi yang belum tahu, mikrofon adalah komponen yang bertugas untuk menangkap dan merekam suara dari luar.

Letaknya di bagian bawah memudahkan iPhone untuk menangkap suara ketika pengguna sedang melakukan panggilan telepon.

Perlu kalian ketahui juga bahwa iPhone sendiri memiliki cukup banyak lubang mikrofon, salah satunya yang terletak bersebelahan dengan speaker di bagian bawah (sebelah kiri), lubang di dekat kamera belakang, dan lubang di area atas layar yang berada juga di area lubang speaker.

Apabila Speaker iPhone Memang Tidak Bunyi


Apabila kedua lubang tersebut khususnya yang sebelah kanan tidak mengeluarkan suara (hanya di bagian atas saja), maka kalian bisa mencoba cara berikut untuk mengatasinya.

  • Restart iPhone dengan cara mematikannya kemudian menyalakannya kembali.
  • Pastikan tombol atau mode "Silent" sedang tidak diaktifkan.
  • Reset pengaturan iPhone.
  • Update ke iOS versi terbaru.
  • Bersihkan lubang speaker dengan cotton buds atau kuas halus.


Namun, apabila memang speaker di bagian bawah kanan tersebut tidak berfungsi sama sekali, atau hanya speaker bagian atas saja yang bunyi, maka kemungkinan besar speaker di iPhone tersebut mengalami masalah.

Solusinya, silakan garansikan apabila masih dalam masa garansi atau bawa ke layanan perbaikan authorized Apple maupun yang sudah terpercaya lainnya.

Penutup...

Nah, bagaimana, sudah tau kan cara mengatasi speaker iPhone yang tidak berfungsi sebelah? ya, secara umum jawabannya tidak perlu diatasi, karena lubang tersebut bukanlah speaker melainkan mikrofon.

Jadi, jangan salah sangka dulu kalau speaker di iPhone kalian tidak berfungsi atau rusak ya.

Hal yang sama sebenarnya juga sudah pernah Admin bahas melalui postingan berikut (Apa Fungsi Speaker iPhone Sebelah Kiri?), di mana banyak pengguna yang mempertanyakan fungsi speaker sebelah kiri di iPhone mereka.

Oke, itu saja informasi cara mengatasi speaker iPhone yang tidak berfungsi sebelah atau mati sebelah. Apabila ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan, langsung saja tinggalkan melalui kolom komentar di bawah. Terima Kasih!