Apa Fungsi Speaker iPhone Sebelah Kiri?

Pada postingan kali ini Admin akan membagikan informasi kepada kalian seputar fungsi dari lubang speaker iPhone sebelah kiri, tepatnya yang berada di bagian bawah iPhone.

Sebab seperti yang kita ketahui bahwa speaker sebelah kiri iPhone tidak mengeluarkan atau menghasilkan suara apapun. Hal ini membuat banyak pengguna bingung soal fungsi dari keberadaan lubang tersebut.

Apa Fungsi Speaker iPhone Sebelah Kiri?


Faktanya, lubang speaker sebelah kiri bawah iPhone bukanlah sebuah "Speaker" melainkan Mikrofon.

Mikrofon adalah komponen yang berfungsi untuk menangkap suara. Letaknya di bagian bawah memungkinkan iPhone untuk menangkap suara lebih baik saat pengguna sedang melakukan panggilan telepon.

Jadi, apabila lubang kiri bawah iPhone yang seringkali dikira speaker tersebut tidak mengeluarkan suara, hal ini sangatlah normal. Sebab sekali lagi, lubang tersebut bukanlah speaker melainkan mikrofon.

Berikut adalah contoh letak speaker dan mikrofon yang ditampilkan oleh halaman situs Apple tentang spesifikasi teknis iPhone:


Di Mana Saja Letak Speaker iPhone?

iPhone terbaru saat ini seperti jajaran iPhone 7, iPhone 8, iPhone X, iPhone XR, iPhone XS, iPhone 11, iPhone SE 2, iPhone 12, iPhone 13, dan iPhone SE 3, memiliki dual stereo speaker (dua speaker) yang terletak di bagian kanan bawah dan depan atas.

Bagi yang penasaran, berikut adalah contoh letak dual speaker pada iPhone.


Beberapa iPhone model lama seperti iPhone SE (Gen-1), iPhone 6S, iPhone 6, iPhone 5S, dan seterusnya, hanya memiliki satu buah speaker utama yang terletak di bagian bawah kanan.

Meski di bagian atasnya juga terdapat speaker, namun speaker tersebut hanya berfungsi untuk mengeluarkan suara panggilan telepon yang didekatkan ke telinga saja.

Penutup...

Nah, bagaimana sudah tau kan fungsi dari lubang kiri bawah iPhone yang seringkali dikira sebagai speaker tersebut?

Ya, berbeda cerita apabila kedua lubang di bawah iPhone antara kiri dan kanan, ikut tidak mengeluarkan suara. Padahal, speaker bagian atas sudah mengeluarkan suara.

Sebab, hal ini dapat menjadi pertanda adanya kerusakan pada speaker iPhone atau diakibatkan oleh bug yang dapat diatasi dengan me-restart iPhone.