Aplikasi / Fitur Pengganti Fungsi Tombol di iPhone dan iPad

Bagi kalian pengguna iOS / iPadOS: iPhone, iPad maupun iPod touch yang mengalami masalah pada fungsi tombol yang tidak bekerja, entah tombol Power / Samping, tombol Volume Atas / Bawah, tombol Home / Utama bahkan tombol Silent / Diam, kalian bisa mengganti fungsi-fungsi dari tombol tersebut menggunakan sebuah aplikasi tepatnya sebuah fitur bernama AssistiveTouch.


AssisitveTouch merupakan salah satu fitur aksesibilitas pada iPhone sebagai pintasan ke beragam fitur yang biasanya diakses menggunankan tombol, contohnya saja keluar masuk halaman utama aplikasi, mengakses aplikasi di background, mengunci iPhone, membesar-kecilkan volume, melakukan screenshot, mematikan iPhone, mengakses siri dan masih banyak lagi fungsi yang lainnya.

Baca Juga : Cara Tap Belakang iPhone untuk Screenshot, Lock, Mute dll

Baik kalau begitu langsung saja ikuti cara-cara di bawah berikut untuk mengakses AssistiveTouch sebagai pengganti berbagai macam fungsi tombol di iPhone maupun iPad.

AssistiveTouch: Fitur Pengganti Fungsi Tombol di iPhone dan iPad

#1 : Pertama buka aplikasi Pengaturan pada iPhone kalian

#2 : Kemudian pilih menu Aksesibilitas > Sentuh > AssistiveTouch lalu aktifkan menu AssistiveTouch


#3 : Jika sudah kalian akan melihat tombol kotak atau bulat yang muncul pada layar iPhone kalian


#4 : Selanjutnya silakan tap pada icon bulat tersebut (assistivetouch), kemudian kalian akan menemukan beragam fungsi tombol misalnya saja tombol Utama yang berfungsi untuk keluar dari aplikasi


#5 : Selanjutnya lebih dalam lagi, silakan tap menu Perangkat maka kalian akan menemukan banyak fitur pengganti tombol lainnya, seperti Kunci Layar (untuk mengunci layar), Volume Naik dan Turun, Bisukan (silent) atau Putar Layar (merotasi tampilan layar)


#6 : Masuk ke lebih dalam lagi kalian bisa tap menu Lainnya, disini kalian akan menemukan beragam fungsi tambahan lainnya seperti Jepretan Layar (screenshot), Mulai Ulang (restart perangkat), SOS, Pengalih App (multitask aplikasi) dan lain sebagainya.


Satu lagi, AssistiveTouch akan selalu menempel dan hadir di layar iPhone kalian entah saat berada pada aplikasi apapun, dan dalam waktu singkat saat tidak digunakan AssistiveTouch akan membuat dirinya menjadi lebih transparan yang tujuan agar tidak mengganggu tampilan pada layar iPhone kalian. Selain itu kalian juga bisa memindahkan letak tombol AssistiveTouch yang ada pada layar ke seluruh penjuru ujung layar, mau di atas, bawah, kiri agak ke kanan dan lain sebagainya.

Bagaimana menurut kalian? apakah AssistiveTouch ini sudah cukup menggantikan tombol di iPhone atau iPad kalian?

Bagi yang mengalami masalah pada tombol Power / Samping dan bingung bagaimana cara menyalakan iPhone apabila masuk ke dalam keadaan mati, silakan baca : 5 Cara Unik Menyalakan iPhone Tanpa Tombol Power atau Home

Baik itu saja informasi tentang aplikasi atau fitur pengganti fungsi tombol di iPhone, iPad dan iPod touch. Apabila ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan silakan tinggalkan pada kolom komentar di bawah, terima kasih.