iOS 14: Cara Tap Belakang iPhone untuk Screenshot, Lock, Mute dll

Di iOS 14 kalian bisa menyentuh (tap back / tap bagian belakang) sebanyak dua atau tiga kali sebagai pintasan untuk berbagai macam hal, seperti screenshot, mengunci layar, kembali ke layar utama, mengakses siri, jendela notifikasi, pusat kontrol, menyalakan senter hingga menjalankan pintasan-pintasan lainnya.


Namun sayangnya fitur ini hanya tersedia bagi beberapa pengguna iPhone saja, seperti iPhone 8, iPhone 8 Plus, iPhone X, iPhone Xr, iPhone Xs, iPhone Xs Max, iPhone 11, iPhone 11 Pro, iPhone 11 Pro Max, iPhone SE 2020, iPhone 12, iPhone 12 Mini, iPhone 12 Pro, iPhone 12 Pro Max, atau lebih baru.


Untuk melakukan Tap di bagian belakang iPhone pertama-tama kalian harus mengaktifkan fungsinya terlebih dahulu, caranya? silahkan langkah-langkahnya berikut ini.

Cara Mengaktifkan Double / Triple Back Tap iPhone

#1 : Pertama buka aplikasi Pengaturan

#2 : Kemudian masuk ke menu Aksesibilitas > Sentuh


#3 : Jika sudah pilih menu Ketuk Bagian Belakang / Back Tap


#4 : Selanjutnya silahkan dipilih ingin pintasan Ketuk Dua Kali atau Ketuk Tiga Kali


#5 : Jika sudah sekarang silakan pilih pintasan fitur yang ingin digunakan


#6 : Terakhir silahkan coba dengan melakukan tap 2x atau 3x di bagian belakang iPhone kalian dan lihat hasilnya.

Kerennya lagi menurut beberapa laporan fitur tap belakang iPhone ini tetap bisa berjalan meskipun iPhone menggunakan case yang cukup tebal. Hal ini sudah admin buktikan sendiri dengan menggunakan case yang dapat diselipkan sebuah kartu, alhasil fitur back tap ini tetap berjalan tanpa masalah.

Ya, itu dia cara-cara untuk mengaktifkan Back Tap (tap belakang iPhone) sebagai pintasan untuk mengambil screenshot, mengunci layar, membuka notifikasi dan lain sebagainya. Meskipun hanya masuk ke fitur Aksibilitas "tambahan", namun fitur ini sepertinya menjadi sesuatu yang sangat disukai banyak pengguna iPhone.

Nah menurut kalian sendiri bagaimana tentang fitur Back Tap ini?