Cara Mengatasi iPhone Panas & Boros Setelah Update ke iOS 14

Saat postingan ini ditulis iOS 14 masih memasuki tahap beta (percobaan) pertamanya. Namun seperti biasa disetiap tahunnya pasti ada saja pengguna iPhone, iPad dan iPod touch mengeluhkan bahwa setelah melakukan update / upgrade ke iOS 14, iPhone menjadi lebih cepat panas dan baterai terasa lebih boros.


Seperti yang kita ketahui iOS 14 sendiri membawa beberapa fitur tampilan baru, sebut saja Widget dan Perpustakaan Aplikasi. disamping itu masih banyak lagi fitur-fitur baru yang dibawa oleh iOS 14 yang sadar atau tidak sadar fitur-fitur tersebut memiliki potensi yang dapat membuat perangkat kita terasa boros baterai.

Baca Juga : iOS 14 Hadirkan Fitur Selfie Mirror pada Kamera Depan iPhone

Lalu bagaimana cara mengatasi iPhone yang terasa Panas dan Boros Baterai setelah melakukan Upgrade ke iOS 14? cukup mudah, kalian bisa mengikuti beberapa tips dan saran berikut ini untuk mengatasinya :

Biarkan dan Tunggu Beberapa Hari

Setelah melakukan update ke iOS 14, perangkat kalian akan mulai melakukan indexing dalam kata lain penyesuain akan iOS baru dan fitur-fitur di dalamnya. Hal ini terkadang memakan banyak daya baterai dan membuat iPhone menjadi sedikit cepat panas. Silakan tunggu dan gunakan iPhone tersebut seperti biasa, dalam beberapa hari kedepan biasanya masalah tersebut akan berangsur menghilang dan iPhone kembali normal.

Aplikasi Belum Sepenuhnya Stabil

Para pengembang aplikasi yang belum memberikan update pengoptimalan aplikasinya untuk iOS 14, juga merupakan salah satu penyebab yang bisa mengakibatkan iPhone menjadi lebih cepat panas dan boros baterai. Terutama jika kalian memang mengalaminya saat sedang menjalankan aplikasi tertentu, disarankan untuk rutin memeriksa dan mengupdate aplikasi ke versi terbaru yang tersedia di App Store.

Nonaktifkan Beberapa Fitur Tertentu

Kalian juga bisa mengatasinya dengan menonaktifkan beberapa fitur dan layanan tertentu, seperti menonaktifkan WiFi dan Bluetooth ketika tidak digunakan, menonaktifkan backup otomatis foto ke iCloud, update aplikasi otomatis, penyegaran aplikasi di latar belakang, fetch / push email dan lain sebagainya. Caranya?

  • Nonaktifkan WiFi dan Bluetooth bisa melalui Pusat Kontrol atau Pengaturan
  • Nonaktifkan Backup Foto melalui Pengaturan > Foto > Foto iCloud
  • Nonaktifkan Update aplikasi otomatis melalui Pengaturan > App Store > Pengunduhan Otomatis
  • Nonaktifkan Fetch dan Push Email melalui Pengaturan > Mail > Akun > Fetch Data Baru kemudian nonaktifkan Push dan pilih Fetch menjadi Secara Manual.
  • Nonaktifkan Angkat-Bangun melalui Pengaturan > Tampilan & Kecerahan > Angkat-Bangun


Kurangi Jumlah Widget

Meskipun salah satu fitur menarik dari iOS 14 adalah tampilan Widget, perlu diperhatikan bagi perangkat yang sudah berusia lama untuk tidak menggunakan Widget terlalu banyak. Sebab Widget akan terus memperbarui datanya setiap saat yang mana secara tidak langsung akan terasa dampaknya pada performa maupun daya tahan baterai.

Kurangi Kecerahan Layar

Kecerahan Layar merupakan salah satu faktor yang paling sering menyebabkan iPhone menjadi lebih cepat panas. Disarankan untuk menggunakan Kecerahan Otomatis atau kurangi kecerahan layar iPhone jika sedang berada di dalam ruangan.

Hapus Aplikasi Tidak Digunakan

Menghapus beberapa aplikasi yang tidak digunakan terutama aplikasi sosial media juga akan sangat membantu mengoptimalkan iPhone agar tidak cepat panas dan lebih hemat baterai.

Gunakan WiFi

Untuk sementara jika masih baru menggunakan iOS 14 misalnya untuk mengupdate aplikasi maupun pengaturan-pengaturan lainnya. Disarankan untuk menggunakan WiFi ketimbang data seluler, selain dapat menguras baterai lebih jaringan data seluler yang buruk akan membuat iPhone bekerja ekstra keras untuk mengoptimalkan jaringan.

Tunggu Hingga Update Berikutnya

Terakhir memang tidak dipungkiri iOS 14 yang baru dirilis bisa saja menyimpan banyak Bug dan belum benar-benar berjalan optimal. Maka dari itu tidak ada cara lain selain menunggu update iOS 14 versi selanjutnya dari Apple yang kita harapkan saja dapat memperbaiki masalah iPhone yang cepat panas dan boros baterai.

Baca Juga : Penyebab Kesehatan Baterai iPhone yang Cepat Menurun

Selain cara-cara diatas kalian juga perlu memastikan performa dan kesehatan baterai pada iPhone kalian tetap dalam kondisi yang baik. Jika kalian sudah merasakan hal ini pada iOS sebelumnya tentu saja kemungkinan merasakan hal yang sama pada iOS 14 bahkan akan jauh lebih buruk.

Faktor lingkungan juga tidak lepas dari penyebab iPhone yang cepat panas, apalagi sambil digunakan bermain game dan melakukan aktivitas berat lainnya.

Baik itu saja trik dan tips mengatasi iPhone, iPad dan iPod touch yang menjadi cepat panas dan boros penggunaan baterai setelah mengupgrade / update ke iOS 14. Apabila ada yang ingin disampaikan atau tanyakan kalian bisa meninggalkannya pada kolom komentar di bawah.