iOS 14 Permudah Cek iPhone yang Terkunci / Lock Operator Tertentu

Ketika membeli iPhone hal penting yang perlu diperhatikan adalah jaringan pada iPhone tersebut, ada dua jenis iPhone yang banyak beredar saat ini yang pertama iPhone yang bebas menggunakan jaringan dari operator manapun (unlock), dan yang kedua iPhone yang terkunci oleh operator tertentu alias hanya bisa menggunakan operator yang sudah terikat kontrak dengan iPhone tersebut (lock).


Nah, di iOS 14 Apple memberikan menu yang dapat digunakan sebagai indikator, apakah iPhone yang digunakan merupakan iPhone yang bebas menggunakan operator manapun (unlock) atau terkunci pada satu jaringan operator tertentu (lock).

Baca Juga : Cara Cek Apakah iPhone Sudah Pernah di Bongkar atau Service

Jadi kalian tidak perlu repot-repot memasukkan kartu SIM atau mencari trik untuk melihat apakah iPhone tersebut benar-benar iPhone Unlocked atau bukan (meski begitu trik lainnya seperti memasukkan kartu SIM secara langsung untuk pengujian tetap sangat disarankan).

Cara Mudah Cek iPhone Terkunci Operator atau Tidak di iOS 14

Untuk mengakses menu tersebut pastikan kalian sudah berada di iOS 14 tentunya, pada posisi ini kalian tidak perlu memasukkan kartu sim apapun, jika sudah langsung saja buka aplikasi Pengaturan > Umum > Mengenai, kemudian seret ke bawah dan lihat pada menu Kunci Operator


Seperti gambar di atas, apabila menu Kunci Operator menunjukkan Tidak ada pembatasan SIM, berarti iPhone kalian merupakan iPhone yang bisa menggunakan operator manapun alias Unlocked, sedangkan apabila menunjukkan nama operator tertentu disana ini yang harus diperhatikan lagi ada kemungkinan iPhone tersebut terlock ke operator tertentu.

Untuk lebih pastinya kalian disarankan untuk mengikuti beberapa tips berikut :

  • Masukkan Kartu SIM manapun (pastikan yang masih aktif / baru) dan lihat apakah jaringan terdeteksi atau tidak
  • Untuk lebih pasti masukkan Kartu SIM lainnya lagi dari operator yang berbeda lalu lihat hasilnya
  • Setelah Kartu SIM dimasukkan cek apakah nama operator terdeteksi dan dapat melakukan panggilan

Ya itu saja cara-cara yang dapat kalian gunakan untuk mengecek apakah iPhone terkunci operator atau tidak (unlock). Dengan hadirnya menu tersebut di iOS 14 membuat banyak pengguna yang ingin membeli iPhone lebih mudah untuk melakukan pengecekan.
Pengecekan ini penting dilakukan, apalagi biasanya jika iPhone yang kalian ingin beli merupakan iPhone yang berasal dari luar negeri (sebut saja ex-inter), iPhone second, atau ingin membeli iPhone secara langsung dari luar negeri.

Ingat, umumnya iPhone yang bebas menggunakan operator manapun memiliki nilai jual yang lebih mahal dibandingkan iPhone yang terkunci pada salah satu operator saja.