Cara Menampilkan Tanggal, Waktu & Lokasi Pada Kamera iPhone

Menampilkan Tanggal, Waktu dan Lokasi (timestamp) pada hasil jepretan foto sangatlah berguna bagi sebagian orang, kalian tidak perlu repot-repot melihat rincian detail tentang foto tersebut, cukup melihat tanggal, waktu dan Lokasi yang tertera langsung di dalam foto yang diambil.


Sayangnya bagi pengguna iPhone, Apple tidak menyertakan fitur untuk menampilkan tanggal, waktu ataupun lokasi di dalam foto yang diambil melainkan melalui informasi yang terdapat pada rincian foto tersebut, meskipun begitu kalian tidak perlu khawatir ada banyak aplikasi di App Store yang dapat kalian gunakan untuk menampilkan Tanggal, Waktu bahkan Lokasi pada hasil jepretan kamera langsung otomatis tanpa harus repot-repot diedit terlebih dahulu.


Baik kalau begitu langsung saja ikuti caranya berikut ini :

1. Pertama silakan Download terlebih dahulu aplikasi Timestamp Camera Basic yang bisa kalian dapatkan secara Gratis di App Store melalui Link Berikut :


2. Setelah didownload silakan buka aplikasi Timestamp Camera dan lihat hasilnya, akan ada tanggal dan waktu pada hasil jepretan foto kalian.


Menampilkan Lokasi atau Tempat

1. Diawal-awal memang lokasi tidak ditampilkan, nah untuk menampilkannya silakan buka Pengaturan > Privasi kemudian nyalakan Layanan Lokasi jika sudah pada menu di bawah pilih Timestamp Camera kemudian ubah dari Never / Tidak Pernah ke While Using the App / Saat menggunakan Aplikasi, contohnya bisa kalian lihat pada gambar di bawah berikut :


2. Jika sudah sekarang kembali ke aplikasi Timestamp Camera kemudian pilih menu icon bergambar jam yang ada di pojok kanan bawah, kemudian pilih menu Format


3. Nah pada menu Format itulah kalian bisa menampilkan lokasi kalian berdasarkan lokasi yang ditunjukkan GPS pada iPhone kalian sekarang ini, kalian juga bisa merubah format urutan penanggalannya, format lokasi sampai titik lokasi dalam map, keren kan?


Menampilkan Informasi / Keterangan / Logo Tambahan pada Gambar

Caranya buka menu dengan gambar Jam yang ada di pojok kanan bawah, kemudian pilih menu Input dan masukkan teks keterangan tambahan yang kalian inginkan.

Untuk menambahkan logo pilih menu "Import watermark logo" lalu tap Done


Mengatur Posisi Tanggal, Waktu, dan Lokasi

Untuk mengatur posisinya caranya buka menu dengan gambar Jam yang ada di pojok kanan bawah, kemudian pilih menu "Position" kemudian silakan pilih mau ditaruh di pojok kanan atas, kiri atas, kanan bawah, tengah dan lain sebagainya, jika sudah jangan lupa pilih Done.


Pada menu Font kalian juga dapat mengatur gaya dari font, warna, dan lain sebagainya, untuk menambahkan latar pada font kalian juga dapat melakukannya melalui menu Opacity.

Selain itu untuk merubah format, ukuran dan resolusi gambar / video kalian tinggal pilih menu ( 3 strip / garis ) yang berada di pojok kanan atas dan silakan diganti sesuai dengan keinginan kalian.


Bagaimana keren kan? jika aplikasi ini sangat berguna dan membantu kalian bisa membeli versi pronya melalui menu aplikasi seharga 75 ribu Rupiah.

Baik sekian dulu postingan kali ini jika ada yang ingin disampaikan atau tanyakan silakan tinggalkan pada kolom komentar di bawah, Terima Kasih!