Cara Mematikan Lokasi di iPhone Agar Tidak Bisa Dilacak

iOS/iPadOS iPhone, iPod touch dan iPad sendiri memiliki fitur pelacakan yang dapat digunakan untuk melacak keberadaan sesama pengguna perangkat Apple melalui aplikasi Lacak. Namun pelacakan ini tidak sembarangan, kalian harus mengizinkan terlebih dahulu daftar pengguna yang dapat melacak keberadaan kalian.


Mengetahui Pengguna yang Bisa Melacak Keberadaan iPhone kalian

Untuk melihat daftar pengguna yang sudah terhubung dan dapat mengetahui lokasi iPhone kalian caranya cukup mudah, pertama silakan buka apikasi Lacak atau Find My


Kemudian pada menu Orang kalian akan melihat daftar pengguna yang dapat mengetahui keberadaan iPhone kalian.


Mematikan Layanan Lokasi agar Tidak Bisa Dilacak

Sebenarnya apabila kalian ingin iPhone kalian agar tidak bisa dilacak, kalian tidak perlu mematikan layanan lokasi di iPhone secara keseluruhan sebab nantinya akan berpengaruh ke aplikasi lainnya yang memang mebutuhkan layanan lokasi.

Baca Juga : Cara Fake GPS / Location di iPhone Tanpa Jailbreak

Kalian cukup mematikan fitur Bagikan Lokasi Saya pada aplikasi Lacak, setelah mematikan fitur tersebut maka secara otomatis iPhone kalian tidak dapat dilacak lagi keberadaannya oleh siapapun kecuali oleh kalian sendiri. Lalu bagaimana caranya?

Pada aplikasi Lacak silakan tap pada menu Saya (di bagian bawah) kemudian matikan menu Bagikan Lokasi Saya


Selain itu kalian juga bisa mematikan menu Bagikan Lokasi Saya melalui Pengaturan > Privasi > Layanan Lokasi > Lacak > Bagikan Lokasi Saya.

Sekarang iPhone kalian sudah tidak bisa dilacak lagi oleh pengguna lainnya.

Namun apabila kalian ragu dan memang ingin menonaktifkan Layanan Lokasi seara keseluruhan kalian bisa mematikannya melalui Pengaturan > Privasi > Layanan Lokasi kemudian silakan matikan menu Layanan Lokasi


Hapus juga History / Riwayat Lokasi

Apakah kalian tahu bahwa iPhone, iPad dan iPod touch kalian secara diam-diam mengoleksi lokasi apa saja yang pernah kalian kunjungi? ya, secara otomatis iPhone akan mengumpulkan lokasi-lokasi yang baru saja kalian kunjungi, namun lokasi tersebut tidak dapat dibaca oleh siapapun (termasuk Apple) kecuali kalian sendiri.

Nah fitur ini juga seringkali digunakan untuk melacak keberadaan kalian melalui riwayat lokasi yang baru saja kaliann kunjungi, untuk menonaktifkan fitur ini kalian bisa masuk ke aplikasi Pengaturan > Privasi > Layanan Lokasi > Layanan Sistem > Lokasi Penting lalu silakan nonaktifkan menu Lokasi Penting. (selengkapnya: Cara Menghapus Riwayat Lokasi Yang Pernah Dikunjungi Di iPhone )

Bagaimana menurut kalian? dengan mengikuti cara-cara diatas kalian dapat menjaga privasi kalian agar tidak diketahui orang lain.

Baca Juga : Cara Membuat Lokasi Palsu di Find My iPhone Tanpa Jailbreak

Baik itu saja informasi cara mematikan lokasi di iPhone agar tidak dapat dilacak, apabila ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan, silakan tinggalkan pada kolom komentar di bawah, terima kasih.