Cara Mengembalikan Memo Suara iPhone yang Terhapus

Memo Suara atau Voice Memos adalah aplikasi pada iOS / iPadOS iPhone, iPad dan iPod touch yang berfungsi untuk merekam suara. Namun apa jadinya jika kalian secara tidak sengaja menghapus rekaman suara pada Memo Suara? tidak perlu khawatir, kalian dapat dengan mudah mengembalikan rekaman suara yang terhapus pada aplikasi Memo Suara / Voice Memos dengan mengikuti beberapa cara yang akan admin bagikan.


Sebenarnya secara otomatis rekaman suara pada aplikasi Memo Suara pada iPhone tidak akan langsung terhapus begitu saja ketika kalian menghapusnya, sebaliknya rekaman suara tersebut masih tersimpan selama 30 hari sebelum benar-benar dihapus.

Baik kalau begitu langsung saja ikuti cara-caranya di bawah berikut untuk mengembalikan rekaman suara pada aplikasi memo suara atau voice notes yang telah terhapus.

Cara Mengembalikan Memo Suara iPhone yang Terhapus

#1 : Pertama silakan buka aplikasi Memo Suara atau Voice Memos

#2 : Kemudian tap tanda panah yang ada diujung kiri atas aplikasi, jika sudah silakan pilih menu Baru Dihapus


#3 : Jika sudah silakan pilih rekaman suara yang ingin kalian kembalikan lalu tap Pulihkan selanjutnya tap lagi Pulihkan (jumlah) Rekaman


#4 : Selesai sekarang rekaman suara kalian sudah kembali lagi ke menu utama aplikasi Memo Suara

Sudah Terhapus Permanen?

Apabila rekaman pada Memo Suara sudah tidak dapat ditemukan lagi pada menu Baru Dihapus, ini menandakan bahwa rekaman suara kalian telah terhapus permanen. Namun masih ada harapan apabila sebelumnya iPhone tesebut pernah dibackup ke dalam iTunes.

Jika ya, sebelumnya kalian pernah membackup iPhone tersebut melalui iTunes (dihubungkan ke iTunes saat rekaman suara tersebut masih ada), kalian bisa mengikuti cara-cara pada postingan berikut untuk mengekstrak file data backupan iPhone kalian yang ada di iTunes : Cara Membuka / Ekstrak File Data Backup iPhone di iTunes

Terhapus Akibat Reset Data? apabila file rekaman suara terhapus akibat baru saja merestore / mereset data pada iPhone, silakan login terlebih dahulu akun iCloud yang sebelumnya digunakan, sebab biasanya file rekaman suara akan secara otomatis dibackup ke dalam iCloud dan apabila kalian sudah masuk ke akun iCloud yagn sama, maka file rekaman otomatis akan muncul pada aplikasi Memo Suara.

Baca Juga : Cara Mengembalikan File yang Terhapus dari iCloud Drive

Oke itu saja cara-cara mengembalikan rekaman suara pada aplikasi Memo Suara atau Voice Memos yang tidak sengaja terhapus. Apabila ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan, silakan tinggalkan pada kolom komentar di bawah, terima kasih.