Cara Mengembalikan File yang Terhapus dari iCloud Drive

Aplikasi File pada iPhone termasuk fitur iCloud Drive (Penyimpanan iCloud) merupakan salah satu fitur penting yang tidak bisa lepas dari penggunaan sehari-hari. Apalagi jika kalian merupakan orang yang suka menyimpan berbagai macam dokumen penting, entah untuk keperluan kerja, sekolah, bisnis dan lain sebagainya.


Namun apa jadinya jika file-file termasuk dokumen yang kalian simpan dalam aplikasi File dan iCloud Drive tidak sengaja terhapus? apalagi file tersebut merupakan file yang sangat penting?

Tidak perlu khawatir, kalian masih memiliki kesempatan untuk mengembalikan file yang terhapus tersebut menggunakan cara-cara berikut ini :

Mengembalikan File yang Dihapus dari Penyimpanan " Di iPhone Saya "

Apabila lokasi file yang dihapus berasal dari penyimpanan " Di iPhone Saya " alias penyimpanan yang berada di iPhone langsung. Kalian bisa mengakses menu Baru Dihapus untuk melihat file-file yang baru saja kalian hapus.


Mengembalikan File yang Dihapus dari iCloud Drive

Untuk yang satu ini kalian memerlukan Komputer atau setidaknya iPad dengan iPadOS, jika beruntung maka file dalam iCloud Drive kalian yang terhapus dapat dikembalikan lagi. Kalau begitu langsung saja ikuti caranya berikut ini.

#1 : Siapkan komputer atau iPad dengan iPadOS

#2 : Kemudian silahkan login akun iCloud kalian melalui website iCloud.com menggunakan Browser apapun itu ( Google Chrome, Safari dll. )

#3 : Setelah login silahkan masuk ke menu Pengaturan Akun


#4 : Kemudian pilih menu Pulihkan File


#5 : Kemudian pilih file yang kalian hapus dari iClouod Drive dan ingin dipulihkan, jika sudah klik Pulihkan.

#6 : Apabila sudah berhasil, sekarang buka aplikasi File di iPhone atau iPad kalian kemudian akses menu iCloud Drive, sekarang file kalian yang tadi sudah dipulihkan akan muncul disana. Selanjutnya silahkan tap file tersebut untuk di download ulang.


Ya, itu dia caranya, nah apakah file kalian berhasil dikembalikan? ingat di awal pengaktifkan kalian hanya memiliki pencadangan sebesar 5 GB saja, jadi pastikan untuk kedepannya agar kalian rutin melakukan pengecekan terhadap kapasitas yang masih bisa ditampung oleh akun iCloud yang kalian gunakan.

Baik sekian informasi cara mengembalikan file yang terhapus dari iCloud Drive, apabila ada yang ingin ditanyakan atua sampaikan, silahkan tinggalkan pada kolom komentar di bawah, terima kasih.