Cara Mengatasi Aplikasi ini tidak lagi dibagikan di iPhone & iPad

Banyak pengguna iPhone dan iPad yang mengeluhkan aplikasi mereka tidak dapat dibuka setelah melakukan update versi iOS mereka ke iOS 13.5. Pesan yang muncul ketika mereka mencoba membuka aplikasi adalah " aplikasi yang tidak lagi Dibagikan atau This app is no longer shared with you ".


Sedangkan bagi yang mendapatkan pesan tersebut hanya disediakan dua pilihan yaitu untuk Melihat Aplikasi di App Store (View in App Store) atau Batalkan (Cancel). Masalah ini juga diketahui datang bagi pengguna yang menggunakan fitur Berbagi Keluarga atau Family Sharing. Sedangkan bagi yang tidak sepertinya tidak akan mengalami masalah tersebut.


Lalu bagaimana cara mengatasinya? sambil menunggu update terbaru dari Apple kalian bisa menginstall ulang aplikasi tanpa menghapus data aplikasi tersebut. Caranya?

#1 : Buka aplikasi Pengaturan

#2 : Kemudian masuk ke menu Umum > Penyimpanan iPhone

#3 : Setelah itu cari aplikasi yang bermasalah tersebut lalu pilih menu Keluarkan App > Keluarkan App


#4 : Jika sudah kembali ke menu utama kemudian tap pada icon Aplikasi yang tadi sudah kalian keluarkan (icon aplikasi akan memiliki tanda cloud / download yang berfungsi untuk mendownload ulang aplikasi)


Apabila download ulang sudah selesai maka seharusnya aplikasi sudah bisa di buka dan berjalan dengan normal kembali. Ingat cara keluarkan app di atas tidak akan menghapus data-data dalam aplikasi, jadi ketika kalian melakukan download ulang seharusnya data-data tersebut akan secara otomatis kembali lagi ke aplikasi yang di keluarkan.

Terakhir, jangan lupa juga untuk rutin melakukan update versi iOS ke versi terbaru yang tersedia saat ini guna mencegah masalah tersebut datang kembali.