Cara Silent / Mematikan Suara Kamera iPhone dengan Live Photo

Seperti yang kita ketahui bahwa iPhone yang diproduksi untuk negara Jepang dan Korea, tidak mengizinkan penggunanya untuk mematikan suara saat mengambil Foto, alasannya? untuk keamanan dan privasi.


Nah bagi kalian yang menggunakan iPhone yang berasal dari Jepang ataupun Korea Selatan, tentu cukup menjengkelkan ketika ingin mengambil foto apalagi ditambah suara yang dihasilkan bisa dibilang Cukup Keras! sehingga mungkin menjadi pusat perhatian banyak orang, yang lebih menjengkelkannya lagi hal ini bukan hanya berlaku untuk kamera belakang saja melaikan kamera depan / selfie juga.

Baca Juga : Cara Selfie Mirror atau Mengatur Kamera Depan iPhone agar tidak Terbalik

Namun tidak perlu khawatir, admin akan membagikan cara tepatnya trik untuk meredam suara nyaring saat mengambil foto tersebut (tanpa jailbreak kok!), meskipun begitu trik ini tidak 100% menghilangkan suara saat mengambil foto, namun dapat membuat suara yang dihasilkan menjadi sangat kecil bahkan tidak terdengar apabila sedang berada di keramaian.

Apa triknya? simple saja yaitu: LIVE PHOTO

Ya, dengan menggunakan Live Photo yaitu fitur untuk mengambil foto hidup / langsung (disertai sedikit cuplikan video saat mengambil foto), kalian bisa meredam suara yang dihasilkan saat menekan tombol untuk mengambil foto, yang mana fitur ini sangatlah berguna bagi pengguna yang iPhonenya berasal dari negara Jepang maupun Korea.

Baik kalau begitu langsung saja berikut cara mengaktifkan fitur Live Photo untuk meredam suara saat mengambil foto.

Cara Silent Kamera iPhone Jepang dan Korea Tanpa Jailbreak menggunakan Fitur Live Photo

#1 : Pertama silakan buka aplikasi Kamera

#2 : Kemudian pada mode Foto silakan nyalakan fitur Live Photo (tap icon seperti yang ditunjukan pada gambar di bawah berikut)

(menu live photo pada iPhone dengan notch)

(menu live photo pada iPhone tanpa notch)

#3 : Apabila Live Photo sudah dalam keadaan menyala silakan coba ambil foto dan lihat hasilnya, suarapun akan jauh lebih kecil dibandingkan tanpa menggunakan fitur Live Photo.

Fitur Live Photo ini akan dipertahankan (aktif otomatis) ketika kalian ingin mengambil foto selanjutnya, untuk menonaktifkan fitur Live Photo kalian cukup tap kembali menu Live Photo pada langkah ke #2 di atas.

Pengaturan untuk mempertahankan fitur Live Photos bisa kalian akses pada aplikasi Pengaturan > Kamera > Pertahankan Pengaturan > Live Photo.

Baca Juga : Cara Foto & Rekam Video Kamera Depan Belakang Secara Bersamaan di iPhone

Kelebihan Menggunakan fitur Live Photo

Dengan menggunakan fitur Live Photo, maka foto yang kalian ambil memiliki cuplikasi video singkat sebelum foto tersebut diambil, untuk melihatnya kalian cukup tap dan tahan pada foto tersebut (digaleri foto) kemudian foto akan bergerak menampilkan cuplikan video sebelum foto tersebut diambil.

Apabila kalian ingin membagikan Foto yang diambil menggunakan fitur Live Photo misalnya ke sosial media, kalian bisa tap icon Live untuk menyertakan fitur Live Photo (dengan cuplikan video sebelum foto diambil) atau tidak.


Bagaimana menurut kalian? meskipun suaranya tidak menghilang 100% namun kerasnya suara yang dihasilkan bisa berkurang berlipat-lipat lebih rendah.

Selain itu bagi kalian yang sudah melakukan jailbreak, kalian bisa silent kamera pada iPhone Jepang dan Korea menggunakan tweak mikoto, caranya silakan baca pada postingan berikut : Cara Silent Kamera iPhone Jepang / Korea Dengan Tweak Mikoto

Baik itu saja informasi Cara Silent Kamera iPhone yang berasal dari negara Jepang dan Korea. Apabila ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan, silakan tinggalkan pada kolom komentar di bawah, terima kasih.

Baca Juga : Cara Mengetahui Foto & Video Diambil dari Kamera Apa Saja