Cara Silent Kamera iPhone Jepang / Korea Dengan Tweak Mikoto

Punya iPhone yang berasal dari jepang atau korea? ya sama Admin juga punya, dan seperti yang kita ketahui iPhone yang berasal dari jepang dan korea tidak bisa di silent kameranya, alias kamera harus terus berbunyi setiap saat ingin mengambil gambar dan hal ini berlaku juga untuk Screenshot yang mana sangat menjengkelkan. Bagi yang belum tahu, alasan kenapa kamera iPhone yang berasal dari Jepang dan Korea tidak bisa di silent adalah di karenakan oleh Privasi. Di Jepang dan Korea memiliki peraturan khusus yang mana seluruh kamera pada smartphone harus berbunyi, agar orang lain tahu jika dirinya sedang diambil gambar, intinya hal ini dilakukan demi menjaga privasi orang lain.


Meskipun begitu, diri kita sendiripun kena imbasnya. Contohnya seperti melakukan selfie diruangan yang tenang dan sepi. Bunyi pada kamera iPhone sangatlah kencang dan cukup untuk menarik perhatian orang lain yang ada disekitar kalian, sangking kencangnya mungkin bunyinya bisa sampai membangunkan orang yang sedang tidur, ya kira-kira begitulah.

Nah pada postingan kali ini, admin akan membagikan cara yang dapat kalian lakukan untuk menonaktifkan bunyi pada kamera iPhone yang berasal dari jepang atau korea. Namun sebelumnya cara ini membutuhkan iPhone yang sudah di Jailbreak, untuk cara dan apa itu jailbreak bisa kalian cek pada halaman berikut : Update Status Ketersediaan Jailbreak iOS iPhone dan iPadOS iPad Saat Ini

Baik admin anggap iPhone kalian sudah dalam keadaan terjailbreak, sekarang kita akan menginstall Tweak Jailbreak bernama Mikoto. Bagi yang sudah tidak asing dalam dunia jailbreak pasti tau tweak besutan Karen's Repo tersebut. Oke langsung saja ikuti cara dibawah berikut untuk menginstall tweak Mikoto.

Cara Menginstall Tweak Mikoto

#1 : Buka aplikasi manajemen jailbreak seperti Cydia kemudian masuk ke menu Sources > Edit > Add dan masukkan repo berikut : https://cydia.akemi.ai/ atau untuk pengguna Cydia tap link berikut : Karen's Repo Cydia Link

#2 : Jika sudah pilih Add Source atau Install Source

#3 : Bila sudah selesai silahkan masuk ke menu Source > Karen...Repo > All Packages > Mikoto > Install / Modify Install > Confirm


#4 : Tunggu hingga proses instalasi selesai, kemudian tap Restart Springboard

#5 : Jika sudah masuk ke aplikasi Pengaturan

#6 : Kemudian pilih menu Mikoto > Camera dan nyalakan menu Disable Shutter Sound


Sekarang silahkan cek suara saat mengambil gambar menggunakan kamera iPhone jepang atau korea milik kalian.

Bagaimana menurut kalian keren kan? selain dapat menonaktifkan suara kamera / silent pada iPhone jepang dan korea, tweak mikoto memiliki banyak fitur menarik lainnya yang dapat kalian eksplorasi sendiri. Tweak ini juga sudah support untuk iOS 13 dan kemungkinan besar akan terus diupdate mengikuti jailbreak terbaru pada versi iOS yang akan datang.

Baik sekian info cara silent kamera iPhone regional Jepang dan Korea menggunakan tweak jailbreak, Mikoto. Apabila ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan silahkan tinggalkan pada kolom komentar dibawah, Terima Kasih!