Cara Menghapus Riwayat Lokasi yang Pernah Dikunjungi di iPhone

iPhone sendiri akan mempelajari setiap tempat yang kalian kunjungi guna memberikan informasi yang berguna mengenai lokasi pada layanan aplikasi seperti Peta, Kalender, Foto dan masih banyak lagi yang lainnya.

Dengan demikian setiap tempat yang kalian kunjungi akan dicatat dalam bentuk Riwayat / History yang tersimpan dalam menu Lokasi Penting pada layanan lokasi iPhone. Meskipun begitu penting diketahui untuk menjaga privasi penggunannya, setiap riwayat lokasi tersebut dienkripsi sehingga tidak dapat dibaca oleh orang lain termasuk Apple sendiri.


Nah kalian sendiri bisa melihat tempat-tempat apa saja yang kalian kunjungi melalui menu Lokasi Penting tersebut, tepatnya terdapat pada Pengaturan > Privasi > Layanan Lokasi > Layanan Sistem > Lokasi Penting.

Mematikan atau Menghapus Riwayat / History Lokasi Penting

Untuk mematikan fitur Lokasi Penting dapat kalian lakukan melalui menu yang sudah saya sebutkan diatas yaitu, Pengaturan > Privasi > Layanan Lokasi > Layanan Sistem > Lokasi Penting kemudian tap pada menu Lokasi Penting dan pilih Matikan.


Sedangkan untuk membersihkan atau menghapus riwayat lokasi tanpa mematikan fitur Lokasi Penting kalian bisa memilih menu Bersihkan Riwayat.


Mengganggu Privasi?

Fitur ini sebenarnya sangat berguna dan sangat disarankan untuk dibiarkan tetap menyala, lagipula Apple tidak bisa membaca lokasi kalian karena fitur ini mengenkripsi setiap riwayat sehingga tidak dapat terbaca. 

Walaupun begitu tidak menutup kemungkinan seseorang yang dapat mengakses iPhone kalian dapat melihat tempat apa saja yang pernah kalian kunjungi melalui menu tersebut. Maka dari itu apabila kalian tidak ingin seseorang yang juga dapat mengakses iPhone kalian untuk mengetahui lokasi apa saja yang pernah kalian kunjungi, kalian bisa menerapkan cara-cara diatas.

Baik sekian informasi cara mematikan dan menghapus riwayat layanan lokasi di iPhone. Apabila ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan silahkan tinggalkan pada kolom komentar dibawah, Terima Kasih!