Cara Mengatasi Baterai AirPods yang Cepat Habis / Boros

Menurut Apple, AirPods gen-2 dapat bertahan hingga 5 jam waktu mendengarkan dalam sekali pengisian daya penuh, sedangkan AirPods Pro terbaru memiliki daya tahan yang lebih sedikit yaitu 4.5 jam mendengarkan dalam sekali pengisian daya penuh.

Meskipun terbilang cukup singkat (bagi pendengar musik setia) hal ini dapat dibantu oleh pengisian daya melalui Casing AirPods untuk melakukan pengisian daya cepat. Yaitu sekitar 1 jam waktu mendengarkan untuk 5 menit pengisian daya (AirPods Pro) atau 3 jam waktu mendengarkan untuk 15 menit pengisian daya (AirPods gen-2).


Untuk saat ini bisa dibilang AirPods Pro memiliki daya tahan baterai sedikit lebih singkat dibandingkan AirPods Gen-2, kita berharap Apple terus meningkatkan daya tahan baterai pada perilisan AirPods nantinya.

Nah bagi kalian pengguna AirPods yang merasakan daya tahan baterai pada AirPods kalian cepat habis alias boros. Ada beberapa cara yang dapat kalian lakukan untuk mengurangi hal tersebut, kalau begitu langsung saja berikut tips mengatasi daya tahan baterai AirPods & AirPods Pro yang boros dan cepat habis.

Letakkan AirPods Dalam Casenya

Ketika AirPods sedang tidak digunakan penting untuk menaruh AirPods di dalam case, hal ini bertujuan menjaga agar baterai AirPods selalu terisi. Selain itu menaruh AirPods dalam case juga menghindari resiko kerusakan akibat benturan atau kehilangan salah satu AriPods.

Jangan Membuka-Tutup Case AirPods

Hayoo.. bagi yang suka iseng membuka-tutup case AirPods meskipun satisfying sebaiknya saat ini hindari hal tersebut. Kenapa? karena saat membuka tutup case AirPods chip bluetooth dalam AirPods akan bekerja dan mati secara terus menerus yang mana akan memakan daya tahan baterai. Hal ini juga sudah pernah dikatakan oleh Apple yang mana membuka tutup case AirPods dapat mengurangi daya tahan baterai.

Nonaktifkan Fitur AirPods Yang Tidak Digunakan

Beberapa fitur pada AirPods sebut saja Peredam Kebisingan, Mode Transparansi dan Pendeteksian Telingan Otomatis ( ear detection ) dapat memakan daya tahan baterai yang lebih banyak. Apabila fitur-fitur tersebut tidak digunakan pertimbangkan untuk dimatikan melalui pengaturan AirPods. Caranya silahkan masuk ke pengaturan Bluetooth lalu tap icon (i) disamping nama AirPods kemudian pilih Mati pada fitur yang tidak digunakan. Untuk fitur Peredam Kebisingan dan Mode Transparansi bisa dimatikan melalui pengaturan Suara pada Pusat Kontrol

Hindari Suhu Panas

Menggunakan AirPods saat berjalan-jalan diluar ataupun saat berolah raga merupakan hal yang menyenangkan. Namun perlu dipastikan bahwa kalian tidak menaruh AirPods pada suhu ruangan yang sangat panas dalam jangka waktu yang lama, sebagai contoh menaruh AirPods langsung dibawah terik sinar matahari. Semakin tingginya suhu pada AirPods akan memperpendek usia baterai pada AirPods itu sendiri.

Kurangi Volume Suara

Mengurangi level kekenangan volume suara di AirPods dapat membantu menambah daya tahan baterai AirPods. Selain itu hal ini juga bagus bagi pendengaran kalian.

Ya itu saja tips-tips yang dapat kalian lakukan untuk menghemat dan mengatasi baterai AirPods yang cepat habis alias boros. Sekedar tips saja bagi yang suka menggunakan AirPods cuma sebelah saja, pastikan yang sebelahnya lagi ditempatkan di charging casenya dan gunakan keduanya secara bergantian.

Baik sekian informasi cara mengatasi baterai AirPods yang boros dan cepat habis, apabila ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan silahkan tinggalkan pada kolom komentar dibawah, Terima Kasih!