Cara Membersihkan Data Aplikasi Di iPhone, iPad & iPod touch

Aplikasi yang kita install otomatis akan membuat data-data ketika digunakan, data-data tersebut berisikan berbagai macam informasi yang diperlukan oleh si Aplikasi. Nah terkadang ketika aplikasi tersebut bermasalah atau sekedar ingin mengulang kembali informasi / data pada aplikasi tersebut, yang terlintas dipikiran kita adalah dengan membersihkan data aplikasi.


Membersihkan / Clear Data Aplikasi di iPhone

Membersihkan data aplikasi di smartphone bisa dibilang hanya berlaku bagi pengguna Android, dan nomalnya cara tersebut tidak dapat diterapkan di iOS iPhone, iPod touch ataupun iPadOS iPad. Apple sendiri tidak memberikan izin bagi penggunanya untuk menghapus data-data maupun cache (file sampah / temporary) yang ada pada aplikasi. Tak terkecuali perangkat kalian telah terjailbreak.

Sebagai solusinya bagi kalian yang ingin mengatasi aplikasi yang bermasalah ataupun sekedar ingin mereset aplikasi ke keadaan semula. Yang dapat kalian lakukan adalah menghapus aplikasi tersebut kemudian menginstallnya kembali.

Menghapus Aplikasi Tanpa Menghapus Data

Apabila kalian tidak ingin kehilangan data-data pada aplikasi, kalian bisa menggunakan fitur Keluarkan App yang mana ketika aplikasi dihapus data-datanya masih akan disimpan oleh iPhone. Dan ketika aplikasi diinstall kembali, data-data tersebut akan otomatis dikembalikan ke dalam aplikasi. Caranya? buka aplikasi Pengaturan > Umum > Penyimpanan iPhone kemudian pilih aplikasi yang akan dihapus lalu pilih Keluarkan App.

Membersihkan Data Aplikasi Pada Perangkat Jailbreak

Bagi yang iPhone, iPad dan iPod touchnya sudah terjailbreak kalian dapat menginstall tweak Apps Manager atau menghapus manual seluruh data aplikasi melalui aplikasi Filza File Manager yang terdapat pada direktori Var / Mobile / Containers / Data / Application.

Baik sekian informasi cara membersihkan data aplikasi di iPhone, iPad & iPod touch. Apabila ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan silakan tinggalkan pada kolom komentar dibawah, Terima Kasih!