Cara Install Aplikasi .IPA Menggunakan AltStore & AltServer Patcher

Seperti yang kita ketahui saat ini Cydia Impactor sedang mengalami masalah, dimana ketika kalian mencoba menginstall aplikasi / file .IPA menggunakan akun Apple ID gratis ( bukan premium / berbayar ), Cydia Impactor akan memberikan peringatan " Please update to Xcode 7.3 or later to continue developing with your Apple ID. ". Dan sampai saat ini @saurik sebagai developer dari Cydia Impactor belum juga memperbaiki masalah tersebut.


Nah sebagai alternatifnya bagi kalian pengguna iPhone, iPad dan iPod touch yang ingin menginstall aplikasi .IPA, kalian dapat memanfaatkan aplikasi AltStore dan AltServer Patcher. Kedua aplikasi tersebut fungsinya sama seperti Cydia Impactor dan dapat berjalan pada sistem operasi Windows, hanya saja untuk saat ini proses untuk menginstall aplikasi .IPA memang sedikit agak rumit dan memiliki beberapa kekurangan dibandingkan Cydia Impactor.

*UPDATE TERBARU: Cara Yang Jauh Lebih Mudah, Tanpa Komputer dan Tanpa Jailbreak Cara Install File IPA Di iPhone Dengan AltStore Tanpa Komputer / Jailbreak


Kekurangan Menggunakan AltStore dan AltServer Patcher ( saat ini ) :

  • Tidak dapat menginstall file .IPA langsung melainkan harus melalui suatu link (jadi file .IPA harus di upload ke suatu server kemudian di salin linknya)
  • Proses yang agak rumit dan mengharuskan komputer / laptop dan iPhone terhubung dalam satu jaringan Wi-Fi
  • Aplikasi hanya akan bertahan selama 7 hari dan harus mengulangi cara-cara diatas kembali
  • Membutuhkan beberapa program tambahan yang terinstall di komputer seperti iCloud

Proses yang cukup rumit ini sangat tidak cocok bagi yang ingin menginstall file .IPA dalam ukuran besar, namun sangat cocok bagi yang ingin menginstall aplikasi jailbreak ataupun emulator. Baik jika kalian sudah siap dan ingin menggunakan aplikasi AltStore dan AltServer Patcher langsung saja ikuti cara-caranya berikut ini dengan teliti. Do it at your own risk!

Persiapkan File .IPA Yang Akan Di Install

*apabila kalian ingin menginstall aplikasi Jailbreak seperti Unc0ver, Chimera, Electra, H3lix, Phoenix, Yalu. Kalian bisa langsung melewati tahap ini.

Pertama silahkan upload file .IPA yang kalian ingin install melalui situs OneDrive ( boleh yang lain tapi admin menyarankan OneDrive karena sudah terbukti bisa berhasil ). Jadi silahkan daftar dulu ke situs OneDrive kemudian upload File .IPA yang kalian inginkan.

Selanjutnya karena AltServer Patcher hanya menerima link maksimal 55 karakter, disini kita akan mempersingkat link file dari OneDrive menggunakan layanan Rebrandly, caranya silahkan daftar pada situs Rebrandly kemudian silahkan klik New link pada situs Rebrandly untuk mempersingkat link file .IPA yang tadi sudah kalian upload di OneDrive.

Cara Menginstall Aplikasi .IPA Menggunakan AltStore dan AltServer Patcher

Sebelum melanjutkan, pastikan kalian menggunakan komputer / laptop dengan sistem operasi Windows 10 dan sudah terinstall iTunes versi terbaru. Kemudian pastikan juga komputer dan iPhone kalian terhubung dalam satu jaringan Wi-Fi yang sama.

#1 : Silahkan download AltStore dan AltServer Patcher melalui link berikut :

Download - AltStore
Download - AltServer Patcher

#2 : Sekarang install juga aplikasi iCloud langsung dari website Apple ( jangan dari Microsoft Store ), silahkan download melalui link berikut :

Download - iCloud

#3 : Jika sudah sekarang sambungkan iPhone kalian ke dalam komputer kemudian buka aplikasi iTunes lalu klik iPhone kalian kemudian pada menu Option silahkan nyalakan menu " Sync with this iPhone over Wi-Fi " jika sudah klik Done > Apply


#4 : Sekarang silahkan install program AltStore dengan cara ekstrak file kemudian buka file Setup.exe dan lanjutkan untuk menginstallnya seperti biasa


#5 : Setelah selesai sekarang buka aplikasi AltServer Patcher kemudian klik menu Alt Store (default)

#6 : Kemudian apabila kalian ingin menginstall aplikasi jailbreak misalnya Unc0ver atau Chimera kalian bisa memilihnya langsung. Tetapi apabila kalian ingin menginstall file .IPA kalian sendiri silahkan pilih Custom IPA Link


#7 : Jika sudah silahkan masukkan link file .IPA yang tadi sudah kalian upload ke OneDrive dan sudah dipersingkat linknya di Rebrandly ke dalam menu IPA URL (max 55)


#8 : Kemudian klik Patch!

#9 : Apabila muncul peringatan seperti yang ditunjukkan gambar berikut klik saja OK


#10 : Jika sudah sekarang jalankan program AltServer yang diawal tadi sudah kalian install ( buka Start > AltServer )


#11 : Jika sudah otomatis AltServer akan muncul pada area Notifikasi yang ada dipojok kanan bawah


#12 : Sekarang klik icon AltServer yang ada pada area notifikasi tersebut kemudian klik Install AltStore kemudain klik perangkat yang akan di install


#13 : Jika sudah masukkan Apple ID kalian ( kalau ragu keamanannya silahkan buat Apple ID baru )


#14 : Kemudian klik Install

#15 : Sekarang tunggu hingga proses installasinya selesai, lamanya proses installasi tergantung ukuran file .IPA yang kalian upload dan kecepatan internet kalian


#16 : Jika sudah selesai silahkan akan muncul notifikasi Installation Succeeded seperti gambar berikut


#17 : Sekarang silahkan buka iPhone kalian kemudian masuk ke aplikasi Pengaturan > Umum > Manajemen Profil & Perangkat kemudian tap sertifikat ( email Apple ID kalian ) lalu tap menu Percayai / Install seperti biasa.

#18 : Terakhir silahkan buka aplikasinya :) Selesai..


Ya..bagaimana menurut kalian? prosesnya memang cukup rumit, namun hanya inilah cara satu-satunya bagi pengguna Windows sebagai pengganti Cydia Impactor. Admin sendiri berharap agar @saurik selaku developer dari Cydia Impactor segera memperbaiki aplikasinya agar dapat digunakan dengan normal kembali.

Baik sekian cara menginstall file atau aplikasi .IPA menggunakan AltStore dan AltServer Patcher sebagai alternatif pengganti Cydia Impactor. Apabila ada yang ingin ditanyakan soal langkah-langkah diatas (mungkin kesulitan dan lain sebagainya) silahkan tinggalkan pada kolom komentar dibawah, Terima Kasih!