Cara Mengaktifkan Keyboard Swipe / Geser-Ketik Di iPhone

Saat perilisan iOS 13 kemarin Apple baru saja memperkenalkan fitur Swipe atau Geser-Ketik pada Keyboard iPhone. Fitur yang sudah ada pada Android sejak jaman batu lama ini akhirnya hadir untuk iPhone. Dengan keyboard geser-ketik kalian cukup menggeser satu huruf ke huruf lainnya untuk merangkai sebuah kata yang diinginkan.


Namun sayang sekali karena fitur Swipe / Geser-Ketik ini menggunakan prediktif bahasa, untuk saat ini Bahasa Indonesia masih belum didukung. Jadi bagi kalian yang menggunakan keyboard bahasa Indonesia dan ingin melakukan Geser-Ketik dalam bahasa Indonesia di iPhone, hal ini belum dapat dilakukan. Namun apabila kalian masih ingin menggunakan fitur Geser-Ketik ini otomatis kalian hanya dapat mengetikkan kata-kata berbahasa Inggris saja dan diharuskan menggunakan keyboard berbahasa Inggris.

Untuk Mengaktifkan fitur Geser-Ketik ini kalian harus menggunakan Keyboard berbahasa Inggris terlebih dahulu, caranya :

Mengaktifkan Keyboard Swipe / Geser-Ketik di iPhone

#1 : Buka aplikasi Pengaturan > Umum > Papan Ketik > Papan Ketik > Tambah Papan Ketik Baru...

#2 : Setelah itu cari dan pilih papan ketik berbahasa Inggris

#3 : Secara otomatis fitur Geser-Ketik akan aktif saat menggunakan Keyboard berbahasa Inggris ( jika tidak aktif aktifkan manual melalui pengaturan Papan Ketik )

#4 : Untuk mengaktifkan keyboard bahasa inggris dan menggunakan fitur keyboard geser-ketik, silahkan Tap dan Tahan pada icon 'globe / dunia' yang ada di ujung kiri bawah keyboard iPhone, kemudian tap / pilih English U.S


Jika sudah silahkan coba gunakan Keyboard Swipe / Geser-Ketik. Ingat kata yang bisa kalian ketikkan menggunakan fitur Geser-Ketik ini hanya kata yang masuk dalam kategori bahasa Inggris, seperti yang sudah admin katakan tadi karena fitur Geser-Ketik memanfaatkan kata prediktif dan kata prediktif belum tersedia dalam Bahasa Indonesia di iPhone ( setidaknya sampai postingan ini admin terbitkan ) jadi fitur Geser-Ketik untuk bahasa Indonesia belum tersedia.

Alternatif Keyboard Swipe / Geser-Ketik Berbahasa Indonesia Di iPhone

Karena fitur Keyboard Geser-Ketik di iPhone sampai saat ini belum mendukung Bahasa Indonesia, sebagai alternatifnya kalian dapat menggunakan aplikasi Gboard alias Google Keyboard. Caranya?

#1 : Silahkan download aplikasi Gboard di App Store melalui link berikut : Download Gboard - App Store

#2 : Jika sudah silahkan buka aplikasi Gboard kemudian tap Mulai

#3 : Sekarang tap pada menu Papan Ketik kemudian aktifkan menu Gboard dan Izinkan Akses Penuh ( tap Izinkan jika diminta )

Tambahan kalian tambahkan Gboard kedalam keyboard kalian secara manual, dengan cara masuk ke Pengaturan > Umum > Papan Ketik > Papan Ketik > Tambah Papan Ketik Baru... Setelah itu pilih Gboard

#4 : Jika sudah sekarang buka kembali aplikasi Gboard > Bahasa dan pastikan Bahasa Indonesia sudah di tambahkan jika belum silahkan tambahkan terlebih dahulu

#5 : Sekarang tap icon 'globel / dunia' di ujung kiri bawah keyboard kemudian pilih Gboard, jika sudah sekarang silahkan coba gunakan fitur Geser-Ketik / Swipe


Untuk menjadikan Gboard sebagai keyboard utama tanpa harus mengganti terlebih dahulu ketika ingin digunakan, caranya masuk ke Pengaturan > Umum > Papan Ketik > Papan Ketik kemudian tap Edit lalu geser menu Gboard ke urutan paling atas dengan cara tap dan tahan pada icon strip 3 yang ada disamping nama Gboard kemudian seret ke paling atas.


Bagaimana menurut kalian? baik sekian informasi cara mengaktifkan keyboard swipe / geser-ketik di iPhone. Apabila ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan silahkan tinggalkan pada kolom komentar dibawah, Terima Kasih!