Cara Melihat Lokasi Yang Pernah Dikunjungi Di iPhone

Bagi pengguna iPhone kalian dapat melihat lokasi atau tempat apa saja yang pernah kalian kunjungi selama kalian membawa iPhone tersebut. Ya, secara otomatis iPhone akan mencatat setiap riwayat / histori lokasi dan tempat yang pernah kalian kunjungi. Namun jangan berprasangka buruk, hal ini dilakukan demi meningkatkan layanan sistem dan aplikasi pada iPhone seperti Maps, Foto, Kalender dan lain sebagainya. Setiap lokasi yang dicatat oleh iPhone secara otomatis akan dienkripsi sehingga hanya dapat dibaca oleh pemilik iPhone saja, bahkan Apple sendiri tidak dapat membacanya. Jadi tidak perlu khawatir.


Nah bagi kalian yang penasaran lokasi apa saja yang pernah kalian kunjungi selama membawa iPhone tersebut, kalian dapat menemukannya melalui menu Lokasi Penting pada layanan lokasi iPhone. Caranya?

#1 : Buka aplikasi Pengaturan

#2 : Kemudian masuk ke menu Privasi > Layanan Lokasi > Layanan Sistem ( ada dipaling bawah ) > Lokasi Penting


Untuk membuka menu Lokasi Penting kalian membutuhkan akses "Face ID" atau "Touch ID" yang terdaftar pada iPhone tersebut

#3 : Jika sudah pada menu Lokasi Penting itulah terdapat riwayat tempat apa saja yang pernah kalian kunjungi.

Bagaimana Jika Tidak Terdapat Riwayat Lokasinya? ada dua kemungkinan pertama kalian tidak menyalakan layanan lokasi sebelumnya sehingga iPhone tidak dapat mencatat riwayat atau yang kedua fitur tersebut sudah dimatikan sebelumnya.

Lalu bagaimana cara membersihkan Riwayat Lokasi tersebut? caranya mudah kalian cukup tap pada menu Bersihkan Riwayat atau jika ingin dinonaktifkan silahkan tap menu Lokasi Penting kemudian pilih Matikan. Hal ini sudah pernah saya bahas pada postingan sebelumnya, Cara Menghapus Riwayat Lokasi Yang Pernah Dikunjungi Di iPhone

Bagaimana menurut kalian? apabila kalian merasa fitur tersebut mengganggu privasi, kalian dapat mematikan fitur tersebut menggunakan cara yang sudah saya jelaskan diatas. Namun apabila fitur tersebut sangat berguna sebaiknya dibiarkan saja tetap menyala, dan jangan lupa untuk tetap mengaktifkan fitur Layanan Lokasi, karena fitur ini bergantung pada Layanan Lokasi. ( Pengaturan > Privasi > Layanan Lokasi > Layanan Lokasi )


Baik sekian informasi cara melihat, mengetahui, cek lokasi atau tempat yang pernah di kunjungi melalui iPhone. Apabila ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan silahkan tinggalkan pada kolom komentar dibawah, Terima Kasih!