Cara Mengunci Aplikasi Facebook Messenger di iPhone & iPad

Aplikasi Messenger milik Facebook baru saja mendapatkan update yang membawa fitur penguncian aplikasi, jadi untuk saat ini bagi pengguna iOS/iPadOS iPhone, iPod touch dan iPad kalian sudah bisa mengunci aplikasi Facebook Messenger menggunakan Face ID, Touch ID (sidik jari) maupun Password.


Baik kalau begitu langsung saja ikuti cara-cara di bawah berikut untuk mengunci aplikasi Facebook Messenger di iOS/iPadOS iPhone, iPad dan iPod touch

Baca Juga : Cara Menghapus Riwayat Lokasi yang Pernah Dikunjungi di iPhone

Cara Mengunci Aplikasi Facebook Messenger di iPhone dengan Face ID atau Touch ID

Sebelum melanjutkan pastikan aplikasi Messenger yang kalian gunakan merupakan versi paling terbaru saat ini, jika belum silakan update melalui App Store (tap icon akun kalian dipojok kanan atas lalu tap perbarui pada aplikasi Messenger apabila tersedia)

1. Pertama silakan buka aplikasi Messenger kemudian tap menu pengaturan akun yang berada di pojok kiri atas


2. Jika sudah silakan pilih menu Privasi lalu pilih lagi menu Kunci Aplikasi


3. Sekarang silakan nyalakan menu Face ID Diperlukan atau Touch ID Diperlukan, apabila muncul peringatan untuk mengizinkan Messenger untuk menggunakan Face/Touch ID silakan tap OKE


4. Selanjutnya silakan pilih apakah ingin agar aplikasi Messenger langsung dikunci setelah keluar dari aplikasi atau setelah waktu yang sudah ditentukan.


5. Terakhir silakan keluar dari aplikasi Messenger dan coba fungsi pengunciannya

ilustrasi: gambar kiri menu untuk memverifikasi face/touch id sedangkan gambar kanan izin ditolak karena wajah tidak dikenali

Cara Mengunci Messenger Menggunakan Password (tanpa Face ID atau Touch ID)

Bagi yang ingin menguni aplikasi Messenger menggunakan Password iPhone langsung, caranya sangat mudah, pertama silakan ikuti cara-cara di atas terlebih dahulu (atur dengan face id atau touch id dulu), jika sudah silakan buka aplikasi Pengaturan > Face/Touch ID & Kode Sandi > App Lainnya kemudian nonaktifkan menu Messenger.



Jika sudah sekarang aplikasi Messenger akan menggunakan password di iPhone kalian sebagai kunci masuknya.

Bagaimana gampang kan? dengan menggunakan password ini tentu saja kalian dapat menjaga kerahasiaan privasi dari orang lain yang ingin mengetahuinya. Tentu agar lebih aman disarankan untuk menggunakan metode password di atas, apalagi jika iPhone kalian sering digunakan juga oleh teman atau anggota keluarga lainnya.

Baca Juga : Cara Mematikan Lokasi di iPhone Agar Tidak Bisa Dilacak

Oke itu saja cara mengunci aplikasi Facebook Messenger di iOS/iPadOS iPhone, iPod touch dan iPad. Apabila ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan, silakan tinggalkan pada kolom komentar di bawah, terima kasih.