Apple Tutup Downgrade ke iOS / iPadOS 13.5.1 - Status Jailbreak?

Setelah satu minggu yang lalu Apple merilis pembaruan iOS dan iPadOS 13.6 menggantikan iOS / iPadOS 13.5.1, tepat pada hari ini Apple resmi menutup akses / signed dari iOS / iPadOS 13.5.1 yang berarti bagi kalian pengguna iOS / iPadOS yang berada di bawah iOS 13.5.1 atau ingin melakukan downgrade ke iOS / iPadOS 13.5.1, hal tersebut sudah tidak dapat dilakukan lagi karena akan langsung digantikan oleh iOS 13.6 dan yang lebih baru atau yang masih dalam status disigned oleh Apple.


Status Jailbreak iOS / iPadOS 13.5.1

Tentu saja tidak banyak dari pengguna normal yang peduli dengan ditutupnya iOS / iPadOS versi tertentu, namun tidak bagi penggemar jailbreak.

Untuk saat ini iOS 13.5.1 hanya bisa di jailbreak menggunakan aplikasi Checkra1n, tetapi kabar buruknya aplikasi Checkra1n hanya mendukung perangkat tertentu saja mulai dari iPhone 6S / Plus, iPhone SE 2016, iPhone 7 / Plus, iPhone 8 / Plus dan iPhone X.

Baca Juga : Cara Jailbreak Semua iOS (iPhone 5S - X) Menggunakan Checkra1n

Jailbreak Checkra1n sendiri juga bersifat Semi-Tethered yang mana kalian membutuhkan akses ke komputer (saat ini hanya dapat dijalankan pada sistem operasi MacOS dan Linux saja) untuk melakukan jailbreak maupun jailbreak ulang, kenapa jailbreak ulang? karena ketika perangkat kalian restart atau masuk ke dalam keadaan mati, maka jailbreak akan ikut mati dan butuh di jailbreak ulang untuk mengaktifkan kembali jailbreak tersebut.

Baca Juga : Perbedaan Jailbreak Semi-Untethered, Untethered, Semi-Tethered dan Tethered

Sedangkan khusus bagi pengguna iPhone Xr, Xs / Max, 11, 11 Pro / Max dan SE 2020 untuk saat ini belum ada satupun aplikasi jailbreak yang tersedia. Namun tetap apabila kalian mengiginkan jailbreak tetap bertahan pada iOS dengan versi serendah mungkin.

Baik itu saja infomasi soal ditutupnya akses downgrade ke iOS / iPadOS 13.5.1, apabila ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan, silakan tinggalkan pada kolom komentar di bawah.