Cara Dengar YouTube di iPhone Sambil Buka Aplikasi Lain / di Lock Screen

Umumnya untuk mendengarkan suara audio pada video YouTube kalian harus membuka tampilan video tersebut, ketika kalian pindah ke aplikasi lainnya atau keluar dari aplikasi YouTube maka secara otomatis video YouTube akan terhenti dan suara pada video juga ikut terhenti.


Namun tenang saja pada postingan kali ini admin akan membagikan cara memutar atau mendengar video YouTube tanpa harus membuka aplikasi YouTube untuk pengguna iOS iPhone, iPod touch dan iPad. Dengan begitu kalian bisa tetap mendengarkan suara dari YouTube sambil membuka aplikasi lainnya (memutar suara YouTube dilatar belakang / background), mendengarkan saat layar iPhone terkunci (lock screen) sampai menampilkan video melayang dimana saja (khusus iOS 14 atau lebih baru).

Baik kalau begitu langsung saja ikuti cara-cara berikut ini untuk mendengarkan video YouTube sambil membuka aplikasi lainnya (dilatar belakang) atau pada saat iPhone terkunci (lock screen).

Cara #1: Menggunakan Mode Desktop

Cara ini dapat kalian terapkan disemua versi iOS termasuk iOS 14 atau lebih baru, caranya sederhana yang kalian perlukan adalah membuka situs YouTube.com melalui browser safari ke mode Desktop, lalu memainkan kembali video yang terputar melalui Pusat Kontrol iPhone, silakan ikuti cara-caranya berikut ini.

#1 : Silakan buka website YouTube.com melalui browser Safari di iPhone kalian kemudian cari Video yang diinginkan

#2 : Jika sudah silakan tap menu " AA " yang ada di samping kolom url (dibagian atas kiri), jika sudah silakan tap menu Minta Situs Web Desktop


#3 : Sekarang tampilan YouTube akan berubah seperti tampilan web pada desktop (komputer), selanjutkan silakan tap Play / Putar video


#4 : Ketika video sudah terputar silakan langsung saja keluar dari aplikasi Safari

#5 : Setelah keluar maka video akan berhenti memainkan, selanjutnya silakan buka menu Pusat Kontrol kemudian tap Play pada menu pemutar musik


Sekarang musik kalian secara otomatis akan diputar dan berjalan dilatar belakang, kalian bisa membuka aplikasi lainnya ataupun mengunci layar iPhone dengan musik tetap terputar.


Cara #2: Gunakan Mode GdG di iOS 14 atau lebih baru

GdG atau Gambar dalam Gambar (PnP - picture-in-picture), adalah salah satu fitur video melayang yang pertama kali dibawa oleh iOS 14. Dengan adanya fitur ini kalian dapat memainkan video dimanapun dan pada aplikasi apapun dengan tampilan kecil yang bisa diatur (melayang) atau bisa juga disembunyikan tampilannya ke bagian samping layar, sehingga membentuk menu jendela kecil yang berfungsi untuk menampilkan atau menyembunyikan video melayang tersebut.

Kalau begitu langsung saja ikuti cara-caranya berikut ini.

#1 : Sama seperti diatas, silakan buka website YouTube.com melalui browser Safari di iPhone kalian kemudian cari Video yang diinginkan

#2 : Selanjutnya silakan putar video dalam tampilan layar penuh, kemudian tap menu GnG atau PnP seperti yang ditunjukkan pada gambar ke 2 di bawah berikut


#3 : Setelah itu kalian akan melihat tampilan Video Kecil yang melayang pada layar kalian

Sebagai Catatan: video melayang tersebut bisa kalian besar kecilkan ukurannya dengan cara dicubit (pitch), selengkapnya tentang fitur video melayang bisa kalian baca pada postingan berikut : Cara Menampilkan Video Dimanapun (melayang) pada iOS 14

#4 : Kemudian agar tidak mengganggu tampilan layar silakan sembunyikan video melayang tersebut dengan cara swipe / usap video ke arah sisi ujung layar sisi kiri atau kanan.


#5 : Jika sudah maka tampilan video kecil tersebut akan disembunyikan ke bagian samping layar membentuk menu kecil yang dapat digunakan untuk membuka atau menutup video melayang tersebut

Oh ya, apabila kalian mengunci layar otomatis suara pada video akan tertunda, silakan tap menu Play pada layar kunci untuk kembali mendengarkan video YouTube tersebut.


Cara #3: Berlangganan YouTube Premium

Ya, yang terakhir kalian bisa berlangganan YouTube Premium pada aplikasi YouTube, secara otomatis ketika kalian berlangganan YouTube Premium maka semua video yang kalain putar akan secara otomatis berjalan dilatar belakang, selain itu kalian juga akan mendapatkan fitur-fitur tambahan lainnya.

Kesimpulan...

Tentu seluruh cara-cara diatas 100% menggunakan cara yang merupakan fitur bawaan dari iOS, meskipun masih memiliki banyak kekurangan. Admin menyarankan kalian menggunakan fitur YouTube Premium atau gunakan fitur GnG (pada iOS 14) untuk pengalaman yang jauh lebih baik, apalagi jika memang YouTube merupakan sumber utama kalian untuk mendengarkan musik.

Baik itu saja cara-cara mendengarkan video YouTube di iOS / iPadOS iPhone, iPod touch dan iPad sambil membuka aplikasi lain, dilatar belakang atau saat dilock screen (layar kunci). Apabila ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan, silakan tinggalkan pada kolom komentar di bawah, terima kasih.