Cara Menampilkan Video Dimanapun (melayang) pada iPhone iOS 14

Apple melalui iOS 14 baru saja memperkenalkan fitur Gambar dalam Gambar (GnG) atau Picture in Picture (PnP), yang berguna untuk menampilkan video yang sedang kalian tonton dimana saja pada layar (melayang / floating), misalnya saat kalian sedang membalas chat kalian tetap bisa menyaksikan video tersebut dilayar dalam bentuk yang lebih kecil dan bisa diatur sendiri letaknya (diperkecil, perbesar, disembunyikan, ditutup atau kembali ke sumber video).


Dengan fitur GnG atau PnP ini kalian juga dapat memainkan audio pada video dimana saja tanpa harus membuka sumber video atau menampilkan video tersebut (video nantinya disembunyikan dipanel samping), jadi sangat berguna bagi yang ingin mendengarkan musik tanpa harus menampilkan videonya dilayar iPhone.

Penasaran? kalau begitu langsung saja ikuti cara di bawah ini untuk menampilkan atau menyaksikan video dimana saja di layar iPhone iOS 14.

Cara Menampilkan Video Dimanapun (melayang) pada iOS 14

#1 : Silahkan buka video yang diinginkan (melalui browser Safari)

#2 : Kemudian pastikan tampilan video sudah masuk ke mode Full Screen atau Layar Penuh

#3 : Lalu tap icon GnG atau PnP seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah berikut


#4 : Jika sudah video kalian sekarang akan tetap terputar dalam tampilan layar kecil melayang, kalian bisa berpindah aplikasi atau mengakses aplikasi lainnya sambil tetap menayangkan video tersebut

Memindahkan, Memperbesar dan Menyembunyikan Video

Nah untuk memindahkan video kalian cukup menahan jendela video tersebut kemudian menyeretkan ke area yang kalian inginkan, sedangkan untuk menyembunyikan video kalian bisa menyeret video tesebut ke arah paling ujung layar dan yang terakhir untuk memperbesar dan memperkecil video tersebut silahkan arahkan dua jari kalian seperti mencubit dengan arah melebar untuk memperbesar dan arah mendekat untuk memperkecil.


Ya, itu saja cara-cara untuk menampilkan dan menyaksikan video melayang dimanapun pada layar iPhone iOS 14. Untuk saat ini tidak semua aplikasi mendukung fitur pemutaran video melayang ini, namun biasanya video yang kalian putar melalui browser seperti Safari secara otomatis akan mendapatkan fitur tersebut.

Baca Juga : Cara Menambahkan Widget di Home screen iOS 14

Kalau admin sendiri lebih menyukai menggunakan fitur GnG atau PnP ini untuk dimanfaatkan memutar musik tanpa harus menampilkan video. Kalau kalian sendiri bagaimana? tinggalkan pesan atau komentar kalian pada kolom komentar di bawah ya.