iOS 14 Sudah Bisa di Jailbreak Menggunakan Checkra1n

Apple baru saja memperkenalkan dan merilis iOS 14 versi beta developer beberapa hari yang lalu, namun tidak lama kemudian komunitas jailbreak kembali memberikan angin segar bahwa iOS 14 saat ini sudah berhasil di Jailbreak menggunakan aplikasi Checkra1n.


Hal ini sudah di konfirmasi sendiri oleh salah satu developer jailbreak yang membagikan gambar iOS 14 yang berhasil terinstall aplikasi Checkra1n dan Cydia.

Aplikasi Cydia pun dapat berjalan dengan baik pada iOS 14, hanya saja menurut developer jailbreak @sbingner masih dibutuhkan sedikit pengerjaan lagi untuk mendapatkan hasil jailbreak iOS 14 yang lebih baik.


Kemungkinan besar aplikasi Checkra1n segera merilis pembaruan agar dapat mendukung jailbreak iOS 14 versi beta sampai versi publik lainnya.

Perlu diketahui aplikasi Checkra1n merupakan salah satu aplikasi jailbreak yang memanfaatkan eksploit bootroom checkm8, eksploit ini didasarkan pada hardware sehingga celahnya tidak dapat ditambal oleh update iOS berapapun termasuk iOS 14. Namun bergitu perlu diingat bahwa eksploit ini hanya berimbas pada beberapa perangkat saja, mulai dari iPhone 5S hingga iPhone X dan bersifat Semi-tethered.

Jadi inilah alasan mengapa iOS 14 dengan cepat di jailbreak bahkan setelah 3 diperkenalkan ke publik.

Untuk pengguna iPhone Xr hingga iPhone terbaru nantinya, kita tunggu saja kejutan-kejutan yang akan datang dari komunitas jailbreak, entah tahun ini atau mungkin tahun depan. Dari waktu ke waktu jailbreak pada iOS terbaru selalu tersedia beberapa bulan setelah dirilis ke publik, ya kita tunggu saja.