Cara Melihat atau Mengetahui History Lokasi di iPhone

Ingin mengetahui history atau riwayat lokasi yang pernah dikunjungi oleh iPhone? sangat bisa, di iPhone sendiri terdapat fitur "Lokasi Penting" yang secara tidak langsung mencatat lokasi-lokasi penting dan sering dikunjungi.


Fitur ini sebenarnya digunakan oleh iPhone untuk meningkatkan kualitas layanan pada aplikasi seperti Peta, Kalender, Foto dan lain sebagainya, namun kalian dapat menjadikan fitur ini sebagai sumber informasi untuk mengetahui lokasi yang sering dikunjungi.

Sebagai informasi tambahan, karena fitur ini di enkripsi jadi tidak ada yang dapat membaca riwayat lokasi tersebut kecuali si pemilik iPhone itu sendiri, jadi tidak perlu khawatir akan privasi lokasi kalian yang mungkin dibaca atau digunakan oleh Apple.

Kalau begitu bagi yang penasaran langsung saja ikuti cara di bawah berikut untuk cek, melihat atau mengetahui history lokasi yang sering dikunjungi, di iPhone, iPad maupun iPod touch kalian.

Cara Cek atau Mengetahui History Lokasi di iPhone

1. Langsung saja buka aplikasi Pengaturan (Settings) iPhone

2. Kemudian masuk ke menu Privasi (Privacy) lalu Layanan Lokasi (Location Services)


3. Selanjutnya seret ke bawah lalu pilih lagi menu Layanan Sistem (System Services) kemudian pilih lagi menu Lokasi Penting (Significant Locations)


4. Setelah itu kalian akan diminta untuk mengkonfirmasi dengan Touch ID (sidik jari) atau Face ID (pakai wajah yang terdaftar)

5. Jika sudah maka History atau Riwayat Lokasi yang perah kalian kunjungi akan ditampilkan pada menu Riwayat / History, silakan tap pada Lokasi yang diinginkan untuk informasi lokasi yang lebih detail


Bagaimana gampang kan? bagi yang khawatir history lokasi kalian dapat diketahui oleh orang lain, kalian dapat menonaktifkan fitur Lokasi Tepat atau Significant Locations sehingga iPhone tidak lagi mencatat lokasi-lokasi penting yang pernah atau sering kalian kunjungi.

Untuk menghapus riwayat lokasi kalian bisa tap pada menu Bersihkan Riwayat, atau jika ingin menghapus lokasi tertentu saja kalian cukup Usap menu lokasi ke arah kiri layar lalu tap tombol Hapus, contohnya:


Selain digunakan oleh aplikasi tertentu untuk meningkatkan kualitas layanan, fitur di atas juga sangat berguna untuk melihat history lokasi yang pernah dikunjungi, meskipun begitu fitur ini dapat menjadi ancaman privasi apabila ada seseorang yang juga memiliki akses ke iPhone yang kalian miliki.

Jadi apabila kalian sangat khawatir akan privasi dari lokasi tempat yang sering kalian kunjungi, silakan nonaktifkan fitur Lokasi Tepat atau Significant Locations agar iPhone tidak lagi mencatat lokasi yang pernah atau sering dikunjungi.