Arti dan Maksud dari WiFi Only pada iPhone dan iPad

Mungkin beberapa dari kalian sering menemukan produk Apple seperti iPhone maupun iPad yang dilabeli dengan istilah "WiFi Only" dan masih belum mengerti maksud ataupun pengertian dari istilah tersebut.


Maksud dan Arti dari Istilah "WiFi Only" pada iPhone dan iPad

WiFi Only yang jika diartikan ke dalam Bahasa Indonesia yaitu Hanya WiFi, merupakan sebuah istilah yang digunakan untuk mendeskripsikan keadaan bahwa produk tersebut hanya dapat menggunakan jaringan internet dari WiFi saja.

Istilah WiFi Only ini seringkali digunakan untuk mendeskripsikan produk iPad, sebab seperti yang kita ketahui sendiri bahwa iPad memiliki dua pilihan dalam urusan konektivitas, yaitu iPad yang bisa menggunakan kartu SIM (data seluler / cellular) dan yang hanya dapat menggunakan jaringan WiFi saja.

Untuk iPad yang bisa menggunakan kartu SIM secara otomatis kalian dapat menggunakan internet langsung melalui data seluler, sedangkan bagi iPad yang WiFi Only karena tidak memiliki akses untuk menggunakan kartu SIM, jadi satu-satunya jalan untuk mengakses internet adalah melalui jaringan WiFi.

Istilah WiFi Only khusus untuk iPhone

Namun tidak jarang juga seringkali ditemukan iPhone yang dilabeli dengan istilah WiFi Only, padahal jika dipikir-pikir iPhone kan memang didesain seharusnya untuk melakukan tugas konektivitas seperti panggilan telepon, sms, dan lain sebagainya yang tentu saja membutuhkan kartu SIM dong, tapi kok malah WiFi Only?

Biasanya ada beberapa alasan yang melatarbelakangi mengapa iPhone tidak dapat menggunakan kartu SIM alias WiFi Only, apa saja itu? berikut ulasannya:

1. Akibat Blokir IMEI

Di Indonesia sendiri kini sudah berlaku peraturan bahwa iPhone yang dibawa secara pribadi dari Luar Negeri, harus membayar pajak terlebih dahulu sebelum dapat digunakan di Indonesia, jika tidak, maka IMEI pada iPhone tersebut akan diblokir sehingga tidak dapat menggunakan kartu SIM dari operator seluler manapun yang ada di Indonesia.

Jika sudah begitu, maka untuk mengakses internet, satu-satunya sumber konektivitas yang dapat dimanfaatkan hanyalah WiFi.

2. Merupakan iPhone ByPass

iPhone ByPass merupakan istilah yang digunakan pada iPhone yang sebelumnya terkunci kemudian secara paksa dibuka dengan metode ByPass, karena salah satu kekurangan dari metode ByPass ini  adalah tidak dapat menjalankan kartu SIM, maka mau tidak mau konektivitas internet hanya didapatkan melalui jaringan WiFi saja.


3. Merupakan iPhone Lock Carrier

Tidak semua iPhone bisa menggunakan kartu SIM dengan bebas, beberapa iPhone memiliki kontrak dengan operator jaringan tertentu sehingga tidak dapat menggunakan kartu SIM di luar operator tersebut.

Akibatnya beberapa iPhone yang mungkin dibawa dari Luar Negeri yang sudah terikat kontrak dengan operator tertentu, karena tidak dapat menggunakan kartu SIM lainnya, mau tidak mau harus menggunakan jaringan WiFi sebagai akses internet satu-satunya.

4. Terdapat Kerusakan

Selain faktor-faktor di atas, tidak jarang ditemukan iPhone yang tidak dapat menggunakan kartu SIM diakibatkan adanya kerusakan atau masalah pada komponen tertentu, sehingga satu-satunya sumber internet datang dari WiFi saja.

Kesimpulan...

Pada intinya sesuai dengan arti dari istilah "WiFi Only" bahwa jaringan WiFi menjadi satu-satunya akses internet yang dapat digunakan.

Istilah WiFi Only pada iPad merupakan penyebutan yang wajar karena pada dasarnya iPad memang memiliki dua pilihan konektivitas, antara yang bisa juga menggunakan data seluler / kartu SIM, dan iPad yang hanya bisa menggunakan jaringan internet dari WiFi saja.

Sedangkan iPhone yang memiliki isilah WiFi Only biasanya memiliki salah satu dari keempat kondisi yang sudah dijelaskan di atas, sebab pada dasarnya iPhone memang didesain sebagai sebuah ponsel dengan dukungan kartu SIM untuk menunjang segala kebutuhan konektivitas.