iPad Tidak Memberikan Efek Feedback Haptic / Vibrate?

Bagi kalian pengguna iPhone pastinya sudah mengetahui bahwa iPhone dapat bergetar ketika ada panggilan ataupun notifikasi masuk, selain itu, saat kalian melakukan interaksi pada beberapa menu, mengetik di keyboard, dan masih banyak lagi, kalian akan merasakan adanya getaran feedback atau haptic yang muncul sehingga menambahkan kesan yang lebih menarik.


Namun mengapa iPad tidak memberikan kesan efek yang sama?

iPad Memang Tidak Memberikan Feedback Haptic / Vibrate

Terkhusus bagi kalian yang baru saja menggunakan iPad (yang sebelumnya menggunakan iPhone juga) pastinya berpikir mengapa iPad tidak bergetar dan memberikan feedback haptic, jawabannya sederhana, karena iPad memang tidak didesain untuk bergetar sehingga secara otomatis tidak memberikan feedback haptic.

Jadi jika kalian berpikir bahwa iPad yang kalian miliki tidak bergetar karena mengalami masalah atau ada pengaturan yang belum dinyalakan, maka hal itu salah, iPad memang tidak bergetar ataupun memberikan feedback haptic, jadi iPad kalian memang normal.

Apa Alasan Dibalik Absennya Vibrate / Haptic pada iPad?

Entah apa alasan Apple tidak memberikan fitur Vibrate atau sentuhan Haptic pada iPad, namun jika dipikirkan kembali mungkin cukup masuk akal juga, sebab ukuran iPad yang cukup besar tentu tidak memungkinkan untuk menggunakan satu motor penggerak (Taptic Engine) saja.

Dibutuhnya setidaknya lebih dari satu motor penggerak yang ditempatkan hampir diseluruh permukaan iPad, yang mana hal ini akan mengganggu fungsi dan keberadaan dari komponen lainnya.

Ya, setidaknya sampai postingan ini ditulis iPad Air generasi ke 4 yang terakhir dirilis oleh Apple pun masih tidak juga hadir dengan fitur vibrate. Mungkin untuk kedepannya kita berharap saja fitur ini segera diimplementasikan untuk iPad, sehingga pengalaman dalam menggunakan iPad terkesan menjadi lebih menarik layaknya iPhone.