Cara Install Tweak / File .deb di iPhone dan iPad yang Sudah Di-Jailbreak

Ingin menginstall langsung Tweak (mod, aplikasi, tema) yang masih berbentuk file dengan format .deb di iPhone atau iPad kalian? jika ya maka kalian berada ditempat yang tepat, sebab pada postingan kali ini Admin akan membagikan cara-caranya.


Namun perlu diperhatikan terlebih dulu bahwa untuk menginstall tweak atau file .deb kalian membutuhkan iPhone yang sudah Di-jailbreak.

Selain itu cara yang akan Admin bagikan kali ini menggunakan dua metode, yang pertama melalui aplikasi Filza (aplikasi file manager khusus jailbreak) atau melalui perintah yang akan dijalankan oleh aplikasi NewTerm (aplikasi terminal).

PENTING! pastikan file .deb yang ingin kalian install merupakan file yang aman, hindari menginstall file .deb dari sumber yang mencurigakan - Dot it at Your Own Risk!

Install File .deb Melalui Filza File Manager

Filza File Manager merupakan aplikasi atau tweak File Manager yang digunakan untuk memanajemen seluruh file di iPhone kalian (termasuk file sistem / root), aplikasi ini wajib dan penting untuk kalian install setelah melakukan Jailbreak.

Nah bagi yang belum menginstall Filza File Manager langsung saja buka aplikasi manajemen jailbreak kalian (Cydia atau Sileo), kemudian cari dan install aplikasi Filza File Manager.

Jika sudah silakan cari atau tempatkan file .deb yang akan diinstall kedalam aplikasi Filza lalu buka file .deb tersebut dan tap tombol Install, maka secara otomatis Filza akan melakukan installasi.


Setelah selesai tap tombol Action lalu pilih menu Respring untuk menyelesaikan instalasi.


Untuk menghapus tweak tersebut dapat kalian lakukan melalui aplikasi Cydia, Sileo dan sejenisnya, atau gunakan metode perintah terminal seperti yang akan Admin jelaskan di bawah berikut.

Install File .deb Melalui Perintah Terminal

Untuk installasi Tweak melalui Terminal sebenarnya tidak jauh berbeda, kalian juga tetap membutuhkan Filza File Manager untuk memanajemen file .deb yang akan diinstall. Kalau begitu langsung saja ikuti cara-caranya di bawah berikut.

1. Pastikan kalian telah menginstall aplikasi Filza File Manager dan aplikasi terminal seperti NewTerm

2. Kemudian langsung saja tempatkan file .deb yang akan diinstall ke dalam direktori var/mobile

3. Selanjutnya buka aplikasi NewTerm lalu lakukan login untuk mengakses #root, caranya:

  • Masukkan kata: su lalu tekan enter
  • Kemudian masukan password default root: alpine atau password yang mungkin sudah kalian ubah sebelumnya

4. Sekarang langsung saja masukan perintah:

dpkg -i placeholder.deb

Catatan! tulisan merah merupakan perintah untuk melakukan install paket .deb, sedangkan yang berwarna biru merupakan nama dari paket .deb yang akan diinstall


5. Jika sudah maka secara otomatis file .deb yang telah ditempatkan di var/mobile akan diinstall

6. Terakhir silakan lakukan Respring dengan memasukan kembali perintah:

sbreload

7. Setelah selesai maka iPhone akan melakukan respring dan tweak yang kalian inginkan seharusnya telah terinstall dengan baik

Menghapus .deb / tweak yang Sudah Diinstall

Untuk menghapus file tweak yang sudah diinstall kalian dapat melakukannya melalui aplikasi manajemen jailbreak seperti Cydia atau Sileo.

Tetapi apabila aplikasi manajemen jailbreak sedang bermasalah, kalian dapat melakukannya langsung melalui perintah terminal, berikut caranya:

1. Seperti cara di atas silakan buka aplikasi NewTerm lalu login untuk mengakses file #root

2. Jika sudah langsung saja masukan perintah berikut: 

dpkg -r com.cpdigitaldarkroom.placeholder

Catatan! tulisan merah merupakan perintah untuk menghapus tweak, sedangkan tulisan biru merupakan nama tweak yang telah terinstall (ingat bukan nama file .deb).


Untuk mengetahui nama dari tweak yang terinstall tersebut caranya mudah, silakan buka file .deb dari tweak tersebut kemudian lihat pada bagian Package.


3. Setelah selesai memasukan perintah, akhiri dengan melakukan Respring dengan memasukan perintah:

sbreload

4. Selesai...

Kesimpulan

Cara-cara di atas sangat berguna untuk menginstall tweak yang memang belum tersedia melalui repo ataupun aplikasi paket manajemen jailbreak seperti Cydia sedang mengalami masalah.

Untuk selanjutnya cara-cara di atas tidak dianjurkan kecuali kalian mengetahui dengan baik hal yang akan kalian lakukan :)