Penyebab Kesehatan Baterai iPhone yang Cepat Menurun

Saat ini Kesehatan Baterai merupakan salah satu fitur pada iPhone yang sering menarik perhatian penggunanya.

Menu Kapasitas Maksimum pada Kesehatan Baterai menunjukkan kapasitas maksimal yang masih dapat ditampung oleh baterai dalam iPhone, semakin kecil angka Kapasitas Maksimum mengindikasikan semakin kecil juga daya tampung ataupun kesehatan dari baterai itu sendiri.



Kesehatan Baterai iPhone memang secara pelan tapi pasti akan tetap menurun seiring dengan waktu dan penggunaan, namun disisi lain ada beberapa faktor yang dapat mempercepat penurunan tersebut dan terkadang seringkali tidak disadari. Apa sajakah itu?

Menggunakan iPhone Sambil Dicas

Kebiasaan saat menggunakan iPhone saat sedang diisi daya, merupakan salah satu penyebab cepat menurunnya kesehatan baterai pada iPhone. Hal ini dikarenakan baterai pada iPhone akan bekerja lebih keras dan menghasilkan panas berlebih. Panas sendiri merupakan salah satu penyebab utama mengapa kesehatan baterai lebih cepat menurun.

iPhone yang Sering Mengalami Panas Berlebih

Panas merupakan salah satu musuh utama baterai, semakin sering baterai iPhone mengalami panas berlebih semakin cepat juga kesehatan baterainya menurun. Bahkan menurut Apple sendiri baterai yang sering mengalami panas berlebih dapat berpotensi merusak baterai itu sendiri secara permanen.

Sering Membiarkan iPhone Hampir Kehabisan Daya Baterai

Salah satu kebiasaan lainnya yang sering tidak disadari adalah membiarkan daya baterai pada iPhone hingga ke titik terendah atau hampir habis.

Baterai lithium-ion yang digunakan oleh iPhone merupakan salah satu komponen yang paling kompleks dan rumit, menurut beberapa penelitian membiarkan baterai iPhone hingga benar-benar berada pada level terendah atau sampai benar-benar kosong, dapat berakibat pada menurunkan daya tampung dari baterai itu sendiri.

Sangat disarankan untuk segera melakukan pengisian daya apabila level baterai iPhone sudah mendekati 20%.

Baca Juga : Cara Lengkap Mengatasi Baterai iPhone yang Boros / Cepat Habis

Membiarkan iPhone Diisi Daya Selama Berjam-jam Walaupun Sudah Penuh

Hampir sama seperti diatas, karena kompleks dan rumitnya susunan komponen pada baterai, dalam beberapa penelitian ditemukan bahwa membiarkan pengisian daya baterai iPhone meskipun telah penuh, dapat menurunkan daya tampungnya secara perlahan-lahan.

Untuk memastikan hal ini, Apple sendiri pun bahkan menanamkan fitur Pengoptimalan Penggunaan Baterai yang bekerja secara cerdas untuk membatasi pengisian daya hanya sampai 80% saja dalam kondisi tertentu.

Jadi untuk kedepannya, apabila sedang tidak jauh dengan sumber listrik, batasi pengisian daya sampai sekitar 80% hingga 90% saja untuk menjaga agar kesehatan baterai tidak cepat menurun.

Menggunakan Charger Tidak Asli yang Berkualitas Rendah

Menggunakan charger tidak asli berkualitas rendah dapat memperburuk kesehatan baterai pada iPhone. Hal ini disebabkan charger berkualitas rendah yang seringkali tidak memenuhi standar keamanan untuk melakukan pengisian daya pada iPhone. 

Untuk dampaknya sendiri dalam jangka pendek maupun panjang, dapat berpotensi merusak baterai secara permanen. Jadi pastikan untuk selalu menggunakan charger iPhone yang asli, entah itu untuk adaptor maupun kabelnya.

Tips dan Trik Mengatasi Kesehatan Baterai iPhone yang Cepat Menurun


Untuk merawat agar kesehatan baterai pada iPhone agar tidak cepat menurun, kalian dapat menerapkan beberapa tips dan trik berikut:

  • Pastikan selalu menggunakan charger yang asli dan berkualitas
  • Hindari memainkan iPhone sambil diisi daya
  • Hindari menggunakan iPhone terlalu lama pada suhu ruangan yang panas
  • Isi daya iPhone apabila level baterai sudah menunjukkan angka 20%
  • Apabila tidak dalam kondisi penting isi daya iPhone sampai 80% saja
  • Lepas case iPhone saat diisi daya untuk mengurangi panas
  • Gunakan fitur kecerahan otomatis atau kurangi kecerahan layar untuk menghemat penggunaan baterai
  • Gunakan juga Mode Daya Rendah untuk menghemat penggunaan baterai
  • Selalu update versi iOS pada iPhone ke versi terbaru yang tersedia
  • Nonaktifkan Segarkan App di Latar di Pengaturan > Umum > Segarkan App di Latar
  • Gunakan pengambilan data email terbaru secara manual di Pengaturan > Kata Sandi & Akun > Fetch Data Baru lalu pilih Secara Manual
  • Nonaktifkan sementara Layanan Lokasi apabila sedang tidak digunakan di Pengaturan > Privasi > Layanan Lokasi
  • Kurangi waktu kunci layar iPhone di Pengaturan > Tampilan & Kecerahan > Kunci-Otomatis
  • Nonaktifkan update aplikasi otomatis di Pengaturan > iTunes & App Store

Dengan menerapkan tips diatas dapat membantu menjaga agar kesehatan baterai pada iPhone tidak cepat menurun, sehingga jangka penggunaan baterai pada iPhone bisa ditekan lebih tahan lama.

Baca Juga : Berapa Lama Waktu Kesehatan Baterai iPhone Biasanya Menurun?